Home Top Ad

Responsive Ads Here

Penyebab Tubuh Gampang Lelah

Share:



Dari kebanyakan orang tidak menyadari kenapa tubuh gampang lelah. Padahal contoh makan sudah benar, tidur sudah cukup tetapi tubuh gampang lelah.

Anda setiap hari tidak bersemangat? Kurang semangat untuk bekerja tubuh terasa pegal-pegal dan gampang lelah. Mungkin diantara kalian ada yang sudah cek laboratorium tetapi hasilnya masih normal. Lalu apa penyebabnya?

Badan yang gampang lelah tentu akan mengganggu kegiatan kita sehari-hari. Tentu saja orang lain akan berfikir bahwa kita orang yang pemalas. Apa saja sih penyebab tubuh gampang lelah. Berikut penyebab tubuh gampang lelah :

  • Kurang Beristirahat. Umumnya insan membutuhkan tidur sekitar 6-8 jam sehari. Namun pada kenyataannya berbagai diantara kita yang tidurnya tidak mencukupi. Dengan beberapa alasan ibarat insomnia atau sibuk menonton film. Beberapa orang juga mempunyai tidur yang cukup sekitar 8-10 jam, akan tetapi tubuh masih saja gampang lelah. Lalu apa penyebabnya? Coba perhatikan kualitas tidur anda. Kualitas tidur dibagi menjadi 2 fase yaitu fase deep sleep dan fase light sleep. Mungkin anda tidak bisa masuk kedalam fase deep sleep atau fase tidur yang dalam. Fase deep sleep sangat penting untuk regenerasi sel, pertumbuhan sel, dan untuk pertumbuhan sel-sel yang baru. Untuk menghasilkan kualitas tidur yang baik disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat tidur, alasannya akan berdampak pada kecanduan obat tidur. Cobalah untuk rajin berolahraga, akupunktur dan diet bagi anda yang kegemukan. 

  • Kurang Nutrisi atau Kurang Gizi. Biasanya terjadi kepada meraka yang melaksanakan diet ketat. Biasanya orang yang melaksanakan diet ketat mempunyai nafsu makan tetapi berusaha untuk tidak memakannya. Pada akhirnya asupan gizi dan kalori berkurang jauh. Sebenarnya jadwal diet yang baik yaitu jumlah sedikit kalori harian dan tetap mengkonsumsi masakan yang mengamdung gizi. Anda harus tahu bahwa sistem tubuh kita baik hormonal ataupun enzim itu semua materi dasarnya yaitu zat-zat gizi dari makanan. Jadi, kalau makan anda tidak makan yang cukup zat-zat ditubuh tidak akan terbentuk. Dan alhasil anda akan mengalami tubuh gampang lelah lemas dan tidak bersemangat. 

  • Akibat Anemia. Jika anda sering marasa lemas, sering pusing, dan berkunang-kunang. Coba anda cek didepan cermin cobalah lihat dibawah mata anda apakah warnanya merah atau putih pucat. Lalu coba cek lagi dibagian kuku anda, kalau kuku pucat, pecahan dalam bawah mata pucat, dan bibir juga pucat. Kemungkinan besar anda terkena anemia atau kekurangan hemoglobin. Zat hemoglobin berperan penting untuk membawa oksigen keotak. Jika oksigen diotak kurang, makan anda akan merasa lelah sepanjang hari.

  • Akibat Dehidrasi. Dehidrasi disini yang dimaksut yaitu kekurangan cairain. Tubuh kita membutuhkan cairan untuk menjaga sistem sirkulasi semoga berjalan dengan baik. Darah ditubuh kita sebagian besar yaitu cairan, bahkan 70% ditubuh kita yaitu cairan. Jika tubuh kita kekurangan cairan, maka jadinya sistem sirkulasi yang ada ditubuh tidak bisa bekerja dengan baik. Jika sirkulasi ditubuh tidak berjalan dengan baik, maka pengangkutan oksigen dan pengankutan nutrisi kesel-sel akan terhambat.

  • Aktivitas Fisik Yang Terlalu Kuat. Untuk anda yang ingin melaksanakan olahraga sebaiknya dilakukan secara bertahap. Jika anda sebagai pekerja, dan pekerjaan anda sangat keras, cobalah untuk mungurangi pekerjaan anda. Nilailah kemampuan tenaga anda sendiri.

  • Stres Berlebihan. Jika stres dalam takaran kecil itu baik untuk pertumbuhan diri kita menjadi dewasa. Akan tetapi kalau stres yang sudah berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang kemungkinan akan merusak sistem dalam tubuh kita, baik itu sistem hormonal ataupun sistem imun. Akibatnya tubuh anda akan mengalami kelelahan sepanjang hari. 

Jadi, imbangilah kerja anda, istirahat anda dan refresing anda. Makan masakan yang bergizi semoga tubuh anda tidak gampang lelah. Jika tubuh sehat segala sesuatu yang anda kerjakan akan menciptakan anda bahagia. 


No comments