Home Top Ad

Responsive Ads Here

Kandungan Dan Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Share:
Nama latin dari bawang putih yaitu allium sativum, ternyata bawang putih termasuk jenis umbi-umbian jenis siung. Sedangkan kandungan yang terdapat pada bawang putih yaitu mencakup antioksidan menyerupai vitamin C, flavonoid, oligosakarida, asam amino, serta terdapat beberapa zat menyerupai serat, mangan, kalsium, selenium, protein, dan karbohidrat.


Bawang putih bukan hanya untuk bumbu kuliner saja lho sobat, banyak kandungan dan manfaat dari bawang putih untuk kesehatan. Adapun keuntungannya sebagai berikut :


  • Menyehatkan otak. Karbohidrat yang ada pada bawang putih yaitu fruarg, fruarg melindungi sel sel dari penyakit dan penuaan, fruarg dalam bawang putih ini sanggup memperbanyak sel mikroglia tanpa memicu kadar oksida nitrat dalam otak. Artianya kandungan yang ada pada  bawang putih sanggup menyehatkan sel sel otak, mencegah penyakit menyerupai demensia dan alzheimer.

  • Menurunkan kadar kelesterol. Manfaat bawang putih utntuk menurunkan kadar kolesterol yaitu ada pada kandungan Allicin, uniknya Allicin hanya akan diproduksi dikala bawang putih ditumbuk, dipotong ataupun dikunyah. Allicin sanggup menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol.

  • Mengendalikan tekanan darah. Zat Allicin ini lagi lagi bermafaat, Allicin ini bisa menurunkan tekanan darah. Selain Allicin adapula zat polisulfidapada bawang putih yang bekerja untuk memperlebar pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan pada darah.

  • Menyehatkan jantung. Manfaat yang paling konsisten ialah ekstrak dari bawang putih yang dikeringkan, ekstrak ini disebut aged garlic, ekstrak aged grarlic ini yang mengurangi plak lunak dan mencegah plak gres pada arteri. 

  • Mengatasi jerawat. Kandungan Allicin pada bawang putih bersifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang bisa membunuh kuman pada jerawat.

  • Meredakan radang, pilek, dan batuk. Lagi lagi zat Allicin ini bisa membunuh bakteri, kuman, virus penyebab flu, batuk, pilek dan peradangan tenggorokan. Berbagai penelitian mengatakan, rutin mengkonsumsi bawah putih mentah mengurangi resiko sakit jawaban tertular penyakit umum menyerupai diatas.

  • Mengurangi resiko kanker. Bawang putih mentah mengandung belerang aktif yang sanggup mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebaranya. Jika dikonsumsi rutin sanggup menurunkan resiko kanker seperti, kanker perut, kanker usus besar, kanker prostat, kanker payudara dam kanker pankreas.

  • Menyehatkan rambut. Bawang putih mentah sanggup memperkuat rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut. Minyak dari bawang putih jikalau dioleskan dikulit kepala sanggup mengurangi resiko kebotakan.

  • Menguatkan tulang. Kandungan flavonoid yang ada pada bawang putih bisa meningkatkan pembentukan tulang serta menghambat pengeroposan mineral pada tulang. Daun bawanglah yang paling efektif menghambat pengeroposan pada tulang.


Nah itulah teman beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan. Terimakasih sudah membaca dan sehat selalu.

No comments