Home Top Ad

Responsive Ads Here

Kandungan Dan Manfaat Anggur Maritim Untuk Tubuh

Share:


Anggur laut? Mungkin diatara kalian masih aneh ya dengan anggur laut. Sebenarnya anggur bahari masih satu jenis dengan alga atau ganggang hijau. Kebanyakan orang menyebut anggur bahari alasannya ialah bentuknya menyerupai sekali dengan buah anggur, bedanya anggur bahari mempunyai bentuk yang lebih kecil-kecil.


Anggur bahari tersebar hampir diseluruh lautan indonesia. Beda tempat beda juga sebutan nama anggur bahari ini, biasanya dilombok disebut Latoh sedangkan disulawesi disebut juga Lawi-lawi.


Anggur bahari atau seagrape mempunyai rasa agak asin, berlendir dengan tekstur yang renyah. Biasanya orang indonesia mengkonsumsi anggur bahari sebagai lalapan. Anggur bahari ini sudah diekspor keluar negeri lho sobat. Karena ajakan ekspor dan nilai ekonomi yang cukup tinggi, beberapa tempat berbondong-bondong untuk membudidayakan si anggur bahari ini. 


Dalam bahasa ilmiah anggur bahari disebut Caulerpa Lentillifera. Anggur bahari bisa dipakai sebagai obat dan pangan fungsional. Anggur bahari memeliki beberapa manfaat dan nutrisi yang cukup tinggi, menyerupai protein, karbohidrat, serat, asam lemak, mikromineral (Fe, Ca, K) dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh.


Anggur bahari biasa dijual dengan harga 250.000-700.000 /kg. Dengan harga yang tidak mengecewakan mahal apa saja sih manfat dari anggur bahari ini. Berikut manfaat anggur bahari untuk kesehatan badan :

  • Anti Penuaan Dini. Menurut beberapa penelitian anggur bahari kaya akan antioksidan dan beberapa nutrisi menyerupai asam folat, asam arkorbat dan tiamin. Kombinasi antioksidan dan nutrisi tersebut bisa menangkal radikal bebas yang mengakibatkan penuaan dini.

  • Menyehatkan Rambut Dan Kulit. Kandungan lemak pada anggur bahari bisa meningkatkan fluiditas sehingga bisa mengecilkan pori-pori dan mengatasi kekeringan pada kulit.

  • Anti Depresan Dan Penghilang Rasa Lelah. Kandungan vitamin yang ada pada anggur bahari berfungsi sebagai pengatur kelenjar adrenal semoga badan tidak gampang lelah dan depresi.

  • Meningkatkan Kinerja Jantung. Asam lemak anggur bahari ini yaitu ALA, LA, EPA dan DHA sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol, menjaga kolagen dan mencegah penyakit jantung dan stroke. 

  • Mencegah Obesitas. Kandungan lemak pada anggur bahari kurang dari 4% lebih rendah dari pada flora yang umumnya tumbuh didarat. Kandungan lemak yang sangat rendah sehingga kondusif dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Nah itulah kandungan dan manfaat dari anggur bahari untuk kesehatan tubuh. Untuk cara mengkonsumsinya bisa dimakan eksklusif atau sebagai adonan salad. 

No comments