Home Top Ad

Responsive Ads Here

Khasiat Daun Caisim

Share:
DAUN CAISIM

Orientasi
Daun caisim ialah sayuran jenis sawi berwarna hijau namun berbentuk lebih pendek. Daun caisim sering disebut dengan pok coy atau sawi hijau. Daun caisim berbentuk menyerupai mahkota dengan daun berlapis-lapis dan berwarna kehijauan. Daun caisim biasanya dipakai dalam masakan Asia menyerupai sup, tumisan mie, dan sebagainya. Daun caisim gampang tumbuh di tempat yang bersahabat dengan pantai atau pegunungan. Agar daun caisim lebih segar, daun caisim ditanam di tempat bersuhu sejuk. Daun caisim tidak hanya manis lantaran berbentuk menyerupai mahkota, namun juga mempunyai segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Untuk mendapat daun caisim ini, Anda bisa mengunjungi swalayan atau pasar tradisional. Daun caisim umumnya dijual dengan keadaan organik.

Fungsi
Daun caisim mengandung vitamin K, vitamin A, asam folat, vitamin E, dan serat yang tinggi. Tak heran daun caisim sangat dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu menyuplai gizi pada janin. Selain itu, daun caisim juga bagus untuk membantu regenerasi kulit. Kandungan vitamin A yang cukup tinggi menciptakan daun caisim baik untuk kesehatan mata. Daun caisim juga bagus dikonsumsi rutin dalam program diet penurunan berat badan.

Daun caisim dalam bidang masakan populer sebagai sawi bakso. Daun caisim memang umumnya dicampurkan dalam hidangan bakso. Selain itu, daun caisim juga enak diolah menjadi gabungan sup. Daun caisim tidak hanya enak dimakan. Bentuknya yang unik menciptakan sayur ini dipakai untuk hiasan dalam beberapa hidangan menyerupai tumisan, cah, dan sebagainya.

Cara Mengolah
Daun caisim hendaknya selalu disimpan dalam keadaan segar dan segera diolah. Daun caisim bisa dipakai untuk sup dengan cara memisahkan daun dari tangkainya dan memotong-motong sesuai selera. Daun caisim juga bisa dikonsumsi mentah atau dalam keadaan rebusan sebagai lalapan. Rasa daun caisim yang tidak terlalu pahit sesuai untuk dijadikan lalapan. Daun caisim juga bisa dibentuk hiasan dengan menjadikannya bantalan di atas piring dan menyiramkan masakan yang telah matang di atasnya. Daun caisim tak hanya manis namun enak dan kaya manfaat.

KHASIAT CAISIM (SAWI HIJAU) 
Disebut juga sawi hijau, choisum, tsai sin, dengan Nama latin Brassica campestris, dari famili Cruciterae. Nama asingnya you cai (Cina), bird rape, Chinese cabbage, wild turnip, rape seed (Inggris).

Caisim merupakan tumbuhan semusim berasal dari China. Bisa tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi, namun tumbuh lebih baik di udara yang sejuk. Dengan suhu dibawah 15 derajat celcius, tumbuhan akan berbunga, sebaliknya, diatas suhu 26 derajat celcius tumbuhan tidak akan berbunga. Sering ditanam sebagai sayuran dengan media tanah yang gembur, cukup air dan sinar matahari. Daunnya bundar telur, rasanya agak pahit. Bunganya beragam membentuk tandan dengan tangkai panjang, kecil-kecil warna kuning. Buahnya menyerupai lobak dengan biji kecil-kecil bulat.

Pembiakannya dengan biji.
Tersedia di :Pasar tradisional, pasar swalayan. Bagian yang dipakai sebagai obat ialah biji, daun dan tangkainya, akar.
Khasiat caisim :Sebagai obat batuk, disentri, muntah darah, demam, haid tidak teratur, keputihan, sering buang air kecil, melancarkan darah beku, dan memperbaiki fungsi ginjal, mengobati bisul.

Resep sederhana :
Bisul : Daun dilumatkan atau direbus, airnya untuk mencuci penggalan yang sakit.
Batuk kering, radang tenggorokan : Akar segar di kunyah.
Keputihan : 1 sdt biji caisim digiling halus, diseduh dengan 80 ml air panas, tambahkan 1 sdm madu, diminum sehari 2-3 kali.
Disentri berdarah : Daun secukupnya digiling halus dan diperas. Air perasan dan madu (perbandingan 2:1) diaduk, dipanaskan sebentar, kemudian diminum.

Sawi mempunyai banyak nutrisi sehat yang bermanfaat untuk kesehatan Anda. Hal ini didukung kutipan dari www.stylecraze.com yang menyatakan bahwa paling tidak ada 5 manfaat sawi, antara lain adalah

1. Sumber vitamin dan mineral
Sawi merupakan sayur kaya vitamin A, C, dan K yang penting menjaga fungsi tubuh. Vitamin C dan A ialah antioksidan alami yang berpengaruh melindungi tubuh dari radikal bebas, memperkuat imunitas dan menjaga kesehatan penglihatan. Vitamin K sendiri berfungsi menjaga kepadatan tulang dan bahkan bisa mencegah kerusakan syaraf otak. Sawi juga merupakan sumber zat besi, magnesium, kalsium, seng, kalium, selenium, mangan, folat, protein, dan serat masakan yang baik untuk pencernaan dan penurunan kolesterol. Asam folat sangat baik dalam sintesis DNA, mencegah cacat janin dan menjaga perkembangan janin sehat.

2. Kaya antioksidan
Sawi merupakan sumber fitonutrien atau tumbuhan yang dihasilkan nutrisi serta antioksidan. Selain vitamin C dan A, juga mempunyai asam hydroxycinnamic, isothamnetin, quercetin, dan kaempferol yang merupakan fitonutrien antioksidan kunci yang dibawa sawi. Fitonutrien tinggi dalam sawi bergizi untuk mengurangi stres oksidatif pada sel-sel dalam tubuh, dan bahkan membantu mencegah kanker payudara, usus besar, kandung kemih, prostat, ovarium, dan paru-paru. Itulah mengapa tubuh butuh banyak antioksidan.

3. Membantu detoks tubuh
Sawi yang kaya serat akan sekaligus menjadi distributor detoks yang sangat baik di dalam usus. Selain itu, sawi juga mengandung belerang dan antioksidan sehingga sangat baik dalam detoksifikasi tubuh. Karena sawi kaya akan klorofil, ini juga sangat baik dalam menyerap karbon dioksida yang akan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh.

4. Mencegah kanker
Sawi juga merupakan sayur anti-karsinogenik yang mengandung glucosinolate, yang kemudian dikonversi ke isothiocyanate yang mempunyai sifat pencegahan kanker. Selain itu, kandungan antioksidan, vitamin dan mineral sawi juga sangat tinggi sehingga sangat baik menurunkan risiko terjangkit kanker.

5. Bersifat anti-inflamasi
Sawi juga mempunyai sifat anti-inflamasi yang sanggup mencegah peradangan kronis serta mengurangi risiko penyakit arthritis dan bengkak-bengkak lainnya. Ini lantaran sawi mempunyai kandungan vitamin K dan asam lemak omega-3 yang memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu juga mengandung isothiocyanate yang berfungsi mencegah peradangan dan mengurangi risiko stroke.
Jadi, jikalau Anda resah mau masak apa untuk sajian hari ini, maka jangan ragu untuk menentukan sayur super sehat berjulukan sawi, Ladies.

Caisim merupakan sayuran berdaun yang termasuk dalam keluarga sawi hijau, kale dan juga kol yang seringkali diolah sebagai sayuran dengan citarasa nikmat dan renyah. Caisim dianggap sebagai salah satu masakan super lantaran mempunyai kandungan gizi tinggi menyerupai serat, mineral, vitamin dan juga fitonutrien serta manfaat antioksidan yang sangat berpengaruh untuk melindungi tubuh dari aneka macam jenis penyakit. Dengan begitu banyak kandungan nutrisi dalam tumbuhan ini, maka juga ada begitu banyak manfaat daun caisim untuk kesehatan dan beberapa diantaranya akan kami ulas dalam kesempatan kali ini.

Sumber Antioksidan
Sel radikal bebas bisa menimbulkan kerusakan serius pada DNA sel tubuh. Stres oksidatif yang terjadi lantaran radikal bebas ini nantinya akan merusak fungsi dan juga jaringan vital pada tubuh yang nantinya bisa mengakibatkan kanker dan diabetes. Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam caisim mempunyai manfaat antioksidan untuk tubuh. Glutathione merupakan antioksidan yang diinduksi oleh glucosinolates dalam sayuran hijau menyerupai caisim yang nantinya akan berfungsi sebagai sumber antioksidan berpengaruh untuk mencegah stres oksidatif dalam tubuh.

Detoksifikasi
Dalam tubuh insan terdapat banyak racun yang semakin menumpuk dari waktu ke waktu yang berasal dari masakan atau lantaran radikal bebas. Membersihkan tubuh menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan organ hati dan juga pencernaan. Caisim memiliki manfaat detoksifikasi alami lantaran mengandung antioksidan yang akan mengeluarkan racun dari tubuh lewat tinja. Turunan klorofil yang terkandung dalam caisim ini juga akan membantu untuk menetralisir logam berat dan juga materi kimia yang terdapat di dalam tubuh.

Mengontrol Kolesterol
Kadar kolesterol tinggi bertanggung jawab terhadap banyak penyakit jantung, penyebab diabetes dan juga aneka macam kerusakan organ vital dalam tubuh. Kolesterol jahat yang terakumulasi dalam pembuluh darah dan juga arteri akan mempersempit ruang darah menuju dan dari jantung. Sedangkan kolesterol baik tetap dibutuhkan untuk tubuh. Caisim ini sangat baik dikonsumsi lantaran bisa membantu tubuh dalam proses pengikatan empedu dengan efektif yang nantinya juga membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Sumber Serat
Serat sangat penting untuk menjaga tubuh semoga selalu bergerak dan memperlihatkan momentum untuk mengubah masakan menjadi sumber energi. Serat masakan yang terkandung dalam daun caisim ini akan menghambat perembesan kolesterol dalam usus sehingga menjadi solusi kanker usus, wasir dan juga konstipasi. Selain itu, mengkonsumsi caisim dengan teratur juga akan menurunkan risiko hipertensi dan juga penyakit jantung lantaran serta caisim bisa membersihkan arteri.

Sumber Fitokimia
Sayuran berdaun hijau menyerupai caisim ialah sumber phytonutrisi yang sangat penting untuk tubuh manusia. Caisim akan melindungi tubuh dari aneka macam penyakit alasannya ialah glukosinolat dan juga fenol yang berlimpah dalam caisim ini akan memperkuat tubuh dari dalam.

Meningkatkan Kekebalan
Dalam daun caisim juga mengandung vitamin C berpengaruh yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dalam caisim akan bertindak sebagai vasilidator dan juga antioksidan sehingga bisa mencegah kerusakan sel dalam tubuh, memperkuat tubuh sekaligus mencegah aneka macam penyakit menyerupai kanker dan aneka macam serangan virus.

Sayur sawi banyak sekali keuntungannya untuk tubuh.
Kalau dimasak bobor bisa juga dicampur/ditambahi daun ketela apalagi sayur sawi biasanya untuk materi gabungan menyerupai bakso, mie ayam, nasi goreng dan aneka macam jenis olahan masakan lainnya pada umumnya seseorang  lebih menentukan sawi hijau ketimbang aneka macam jenis sayuran laini ni lantaran sawi memilki rasa khas enak yang tetap nikmat kalau dicampur dengan aneka macam macam makanan. Selain itu, bagi yang menyukai sawi terdapat banyak sekali laba yang akan diperoleh dari manfaat kandungan gizinya.
Berikut ini beberapa manfaat sawi untuk kesehatan tubuh:

1. Menyehatkan Tulang
Asupan rendah vitamin K sanggup mencegah resiko patah tulang lebih sedikit daripada yang tidak mengkonsumsi sawi hijau lantaran mengkonsumsi vitamin K ialah hal penting untuk kesehatan yang baik, lantaran bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan perembesan kalsium dan sanggup mengurangi ekskresi kalsium. Satu cangkir rebus sawi hijau memperlihatkan 770 mikrogram vitamin K itu lebih dari 100% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

2. Mencegah Kanker
Sejak tahun 1980-an, menjaga asupan tinggi sayuran secara konsisten sanggup dikaitkan dengan risiko lebih rendah menderita kolorektal dan kanker paru-paru. Sayuran ini mempunyai senyawa yang mengandung belerang yang dikenal sebagai glucosinolates, yang telah dipelajari mempunyai kemampuan untuk menghambat proses kanker pada tahap perkembangan yang berbeda untuk kanker paru-paru, kolorektal, payudara, dan prostat.

Studi awal gres telah menemukan bahwa glucosinolates mungkin juga efektif terhadap melanoma, kanker kerongkongan, dan kanker pankreas. Sawi hijau dan sayuran hijau lain yang mengandung klorofil dalam jumlah yang tinggi, dan telah terbukti efektif memblokir imbas karsinogenik amina heterosiklik, yang dihasilkan ketika memanggang makanan. Jika cenderung menyukai masakan yang dipanggang hingga gosong, pastikan untuk memasangkan sayuran hijau untuk membantu meniadakan imbas ini.

3. Baik Untuk Diabetes
Satu cangkir rebus sawi hijau menyediakan sekitar 8 gram serat. The Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan 21-25 g / hari untuk perempuan dan 30-38 g / hari untuk pria.
Sawi hijau juga mengandung manfaat antioksidan yang dikenal sebagai alpha-lipoic acid, yang telah terbukti menciptakan kadar glukosa yang lebih rendah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif stres yang disebabkan perubahan pada pasien dengan diabetes. Studi asam alpha-lipoic juga memperlihatkan penurunan neuropati perifer dan neuropati otonom di diabetes. Sawi hijau mempunyai kandungan serat yang tinggi dan kadar air yang tinggi, membantu mencegah sembelit,memperlancar buang air besar dan mempertahankan jalan masuk pencernaan yang sehat.

4. Menyehatkan Rambut dan Kulit
Sawi hijau juga bagus untuk kulit lantaran banyak terkandung manfaat vitamin A , nutrisi yang diharapkan untuk produksi sebum yang menciptakan rambut lembab. Vitamin A juga diharapkan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Asupan manfaat vitamin C (satu cangkir rebus sawi hijau menyediakan lebih dari 50% dari kebutuhan harian) yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen dan memperlihatkan struktur pada kulit dan rambut.
Kekurangan zat besi merupakan penyebab umum problem pada rambut, namun hal ini sanggup dicegah dengan asupan masakan yang mengandung zat besi menyerupai hijau hijauan.
Kurang mendapat asupan zat besi yang  cukup dalam makanan, juga sanggup mempengaruhi beberapa efisien tubuh Sawi hijau merupakan sumber zat besi yang besar, menyerupai yang terdapat pada manfaat bayam , manfaat ikan tuna dan telur.

5. Membantu Tidur dan Menjaga suasana Hati
Kandungan kolin dalam sawi hijau merupakan nutrisi penting untuk membantu tidur, gerakan otot, berguru dan memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam perembesan lemak dan mengurangi inflamasi. Folat juga ditemukan dalam kolin, yang sanggup membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan didalam tubuh. Kelebihan homosistein, akan mengganggu produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine yang mengatur suasana hati juga sanggup membantu supaya bisa tidur nyenyak dan juga bisa membantu menambah nafsu makan.

Rincian Gizi Sawi Hijau

Satu cangkir rebus sawi hijau mengandung:
=) 63 kalori
=) 5 gram protein
=) 1 gram lemak
=) 11 gram karbohidrat (termasuk 8 gram serat dan 1 gram gula)
=) lebih dari 250% dari kebutuhan harian untuk vitamin A
=) lebih dari 50 % dari kebutuhan harian untuk vitamin C
=) 26% dari kebutuhan kalsium
=) 12% zat besi
=) 10% dari kedua vitamin B-6 dan magnesium.
Selain itu, sawi hijau merupakan sumber yang sangat kaya vitamin K dan juga mengandung
*folat
*thiamin
*niacin
*asam pantotena
*choline
*fosfor
*kalium.
Dengan kandungan gizi yang sangat berlimpah, sawi hijau juga sangat baik untuk aneka macam problem kesehatan hingga mendukung cara hidup sehat alami.

Berikut beberapa manfaat sawi antara lain:

*Sebagai sumber antioksidan
*Dapat menyehatkan pencernaan
*Dapat melancarkan BAB
*Manfaat serat sangat bagus untuk kesehatan usus
*Dapat mencegah kanker usus
*Dapat mencegah aneka macam penyakit akhir kekurangan serat
*Dapat menciptakan tubuh menjadi sehat dan bugar
*Sangat cocok sekali dikonsumsi penderita hipertensi
*Dapat menurunkan kolesterol
*Dapat menjaga stamina
*Dapat mengencangkan kulit semoga terlihat abadi muda
*Bisa untuk sumber vitamin dan mineral

Berikut imbas Samping Sawi hijau

Sayuran sawi mungkin berisi goitrogens yang sanggup mengakibatkan pembengkakan pada kelenjar tiroid. Oleh lantaran itu, makan sayur mentah harus dihindari pada individu dengan problem disfungsi tiroid. Namun, sanggup dipakai secara bebas bagi orang yang sehat. Sawi juga harus dikonsumsi dengan hati-hati bagi orang-orang yang menderita kerikil ginjal oksalat. Setiap 100 g sawi hijau mentah menyediakan lebih dari 500 mg vitamin K, yakni di atas nilai harian yang direkomendasikan. Oleh lantaran itu, harus dikonsumsi secara tidak berlebihan pada orang yang menggunakan antikoagulan menyerupai warfarin.

Sejumlah manfaat sawi hijau tersebut, membuatnya banyak dikonsumsi di negeri sendiri. Selain sebagai salah satu sumber masakan sehat, harganya cukup terjangkau. Sawi merupakan tumbuhan yang tumbuh didaerah masbodoh dan lembab. Meskipun sawi tumbuhan yang sanggup tumbuh di trend tertentu, namun lantaran budidaya yang luas di Indonesia, sayur sawi sanggup dicari kapanpun dadimanapun. Sawi banyak jenisnya, yang populer di Indonesia ialah sawi hijau.

Sekian dulu ya guys semoga bisa untuk pencerahan bersama untuk selalu terjaga kesehatan kita dan Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.... Amin

Sumber : Google Wikipedia

No comments