Home Top Ad

Responsive Ads Here

Khasiat Buah Mahkota Dewa

Share:
BUAH MAHKOTA DEWA

Orientasi
Manfaat mahkota yang kuasa harus diketahui oleh banyak orang, hal itu dikarenakan banyak sekali manfaat yang akan kita temukan dari flora satu ini. Meski banyak khasiat yang akan didapatkan, tidak menciptakan banyak orang menanamnya di halaman rumah mereka. Orang sering mendengar kata mahkota dewa, namun tidak banyak orang yang pernah melihat bentuk dan wujud dari flora mahkota yang kuasa ini.

Tak jarang pula orang masih mencurigai khasiat dari tumbuhan ini dikarenakan belum mempunyai pengetahuan yang cukup perihal tumbuhan ini. Oleh lantaran itulah, masyarakat perlu dikenalkan dengan flora mahkota yang kuasa dan aneka macam macam khasiat dari tumbuhan ini. Pengetahuan yang cukup akan menciptakan masyarakat sadar untuk menanam flora ini dan mulai memanfaatkan flora yang kaya manfaat ibarat mahkota dewa.

Ciri-Ciri Tanaman Mahkota Dewa
Masyarakat harus tahu dan sanggup membedakan mana tumbuhan mahkota yang kuasa dan mana yang bukan. Di lingkungan masyarakat, banyak sekali jenis tumbuhan yang tumbuh. Oleh lantaran itu diharapkan pengetahuan dan wawasan untuk mengenali tumbuhan atau flora mahkota dewa. Berikut ini ciri-ciri dari tumbuhan mahkota yang kuasa yang harus diketahui :
a. Batang. Batang dari tumbuhan mahkota yang kuasa berbentuk lingkaran dan mempunyai permukaan yang kasar. Warna kulit batangnya coklat agak kehijauan, batang kayunya berwarna putih.
b.    Akar. Akar tumbuhan mahkota yang kuasa ialah tunjang.
c.    Daun. Daun tumbuhan mahkota yang kuasa ialah tunggal, berhadap-hadapan. Daunnya mempunyai tangkai yang pendek, bentuk daun lonjong dan ujungnya runcing. Bagian tepi daun rata, permukaan daun licin dan tidak berbulu. Warna daun hijau renta dan mempunyai panjang maksimal 10 cm, lebarnya maksimal 5 cm.
d.  Bunga. Bunga mahkota yang kuasa akan tumbuh sepanjang tahun. Letak bunga sanggup tersebar di serpihan batang atau di serpihan ketiak di daun. Bentuk bunga ialah tabung, warna putih, ukuran kecil juga harum. Jika diperhatikan secara seksama, ibarat dengan bunga cengkeh.
e.   Buah. Buah mahkota yang kuasa terdapat serpihan kulit, cangkang, daging dan juga biji. Buahnya mempunyai diameter maksimal 5 cm. Saat muda warna buahnya ialah hijau, dikala masak berwarna merah. Dagingnya berwarna putih, ada serat dan kandungan air.
f.     Biji. Biji buah mahkota yang kuasa ialah serpihan dari tumbuhan mahkota yang kuasa yang paling beracun. Bentuk bijinya ialah lingkaran dan lonjong, tekstur keras, diameternya ialah 1 cm dan warnanya cokelat. Bagian dalam biji berwarna putih sedangkan kulit biji serpihan luar berwarna cokelat.

Kandungan Di Dalam Tanaman Mahkota Dewa
Manfaat mahkota yang kuasa tidak terlepas dari aneka macam macam kandungan yang ada di dalamnya. Masyarakat tidak akan tahu apa saja manfaat dari tumbuhan mahkota yang kuasa kalau tidak mengetahui kandungan apa saja yang ada didalamnya. Berikut ini aneka macam macam kandungan yang ada di dalam tumbuhan mahkota yang kuasa :
a.     Zat alkaloid. Salah satu kandungan yang ada dalam tumbuhan mahkota yang kuasa ialah zat alkaloid. Zat tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan.
b.   Flavonoid. Zat flavonoid ada di dalam tumbuhan mahkota dewa. Selain ditemukan pada mahkota dewa, tumbuhan obat lainnya pun juga banyak yang mengandung zat ini.
c.   Polifenol. Polifenol temannya zat alkaloid. Sama halnya degan alkaloid, polifenol mempunyai khasiat yang cantik untuk kesehatan badan manusia.
d.     Antioksidan. Kulit buah mahkota yang kuasa kaya akan antioksidan, selain kulit mahkota yang kuasa kulit manggis pun kaya akan antioksidan.

Manfaat Mahkota Dewa
Saat ini, banyak orang yang belum sepenuhnya memanfaatkan tumbuhan mahkota yang kuasa sebagai tumbuhan obat. Hal itu dikarenakan banyak yang belum mengetahui apa saja manfaat mahkota yang kuasa bagi kesehatan. Tidak hanya itu saja, masyarakat belum mau memanfaatkan mahkota yang kuasa sebagai tumbuhan obat lantaran kadar racunnya yang tinggi.
Masyarakat yang mempunyai sedikit pengetahuan perihal tumbuhan ini tidak mau teracuni oleh tumbuhan tersebut. Asalkan masyarakat tahu bagaimana mengolah tumbuhan ini menjadi obat, masyarakat sanggup memetik aneka macam macam khasiat dari tumbuhan ini. Agar tidak teracuni, jangan melibatkan serpihan biji mahkota dewa. Bagian biji inilah yang mempunyai racun kalau hingga diolah dan masuk ke dalam tubuh. Berikut ini aneka macam macam manfaat dari tumbuhan mahkota yang kuasa :

1.      Bermanfaat Untuk Detoksifikasi
Banyak orang yang mulai sadar pentingnya melaksanakan detoksifikasi. Detoksifikasi sangat bermanfaat bagi tubuh. Sayangnya, detoksifikasi gres sanggup dilakukan oleh masyarakat menengah ke atas saja dikarenakan harga sekali detox yang mahal dan menguras isi dompet. Berikut ini ialah hal-hal yang bekerjasama dengan detoksifikasi :

Detok ialah proses pengeluaran racun yang mengendap di dalam tubuh.
Racun yang tidak dikeluarkan sanggup menjadikan timbulnya aneka macam macam penyakit di dalam tubuh.
Kebanyakan racun mengendap di dalam usus, oleh lantaran itulah orang yang tidak sering melaksanakan detox sanggup terkena aneka macam macam penyakit usus. Yang paling mengerikan ialah terjadinya kanker usus.
Saat ini detok sanggup dilakukan memakai tumbuhan mahkota dewa, kandungan alkaloidnya bermanfaat dalam detoksifikasi dalam tubuh.

Cara Penggunaan
Caranya ialah merebus buah mahkota yang kuasa tanpa biji kemudian meminum air rebusannya selama seminggu sekali. Racun akan dikeluarkan melalui urin, feses dan juga keringat.
acun akan dikeluarkan melalui urin, feses dan juga keringat.

2.      Menangkal Bakteri
Kandungan alkaloid yang ada di dalam tumbuhan mahkota yang kuasa bermanfaat untuk menangkal kuman di dalam tubuh. Sehingga badan tidak akan gampang terkena bisul bakteri. Tidak hanya itu saja, aneka macam macam penyakit yang disebabkan oleh kuman pun sanggup diatasi memakai tumbuhan mahkota dewa.
Anti Virus
Kandungan alkaloid yang ada di dalam tumbuhan mahkota yang kuasa sanggup bermanfaat sebagai anti virus. Sifat anti virus yang ada di dalam tumbuhan mahkota yang kuasa sanggup berkhasiat untuk menangkal aneka macam macam virus yang masuk ke dalam tubuh.

3.      Meningkatkan Sistem Imun
Salah satu manfaat dari tumbuhan mahkota yang kuasa ialah meningkatkan sistem imun tubuh. Jika sistem imun meningkat, badan pun tidak akan gampang terkena penyakit. Kandungan zat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun badan ialah zat saponin yang ada di dalam tumbuhan mahkota dewa.

4.      Menjaga Dan Meningkatkan Vitalitas
Salah satu manfaat mahkota yang kuasa bagi laki-laki ialah menjaga dan meningkatkan vitalitas bagi pria. Kandungan saponin di dalam mahkota yang kuasa sangat bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas bagi pria. Caranya ialah dengan merebus buah mahkota yang kuasa kering dan diminum satu jam sebelum bekerjasama seksual dengan istri. Meminum air rebusan itu sanggup bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan vitalitas.

5.      Menurunkan Gula Darah
Manfaat mahkota yang kuasa ialah sanggup menurunkan kadar gula di dalam darah. Kandungan saponin yang ada di dalam mahkota yang kuasa sanggup menurunkan kadar gula darah. Air rebusan mahkota yang kuasa cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes dengan kadar gula yang tinggi. Cara menurunkan kadar gula memakai mahkota yang kuasa ialah sebagai berikut ini :
Siapkan 5 buah mahkota dewa, iris tipis-tipis.
Air higienis sebanyak 5 gelas.
Rebus mahkota yang kuasa bersama air dan sisakan hingga setengahnya.
Minum tiga kali sehari.

Peredaran Darah Menjadi Lancar
Salah satu manfaat dari mahkota yang kuasa ialah menciptakan peredaran darah menjadi lancar. Zat di dalam mahkota yang kuasa yang sanggup melancarkan peredaran darah ialah zat flavonoid di dalam mahkota dewa. Jika peredaran darah lancar, badan akan terhindar dari aneka macam macam penyakit dan juga gangguan kesehatan.

6.      Meningkatkan Sistem Metabolisme
Metabolisme ialah hal yang penting di dalam tubuh. Agar badan tetap fit diharapkan sistem metabolisme yang baik. Jika sistem metabolisme di dalam badan buruk, badan akan mengalami aneka macam macam gangguan. Slalah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh buruknya metabolisme badan ialah penurunan kognitif tubuh. Zat flavonoid dalam mahkota yang kuasa dipercaya sanggup meningkatkan dan menjaga sistem metabolisme di dalam tubuh.

7.      Anti Peradangan
Zat flavonoid di dalam mahkota yang kuasa bermanfaat sebagai anti peradangan. Jika mengkonsumsi air rebusan mahkota yang kuasa secara rutin, badan akan terhindar dari aneka macam macam penyakit akhir inflamasi.

8.      Mengurangi Rasa Sakit
Tubuh akan mencicipi sakit ketika sakit, kandungan flavonoid di dalam mahkota yang kuasa sanggup meringankan rasa sakit yang diderita oleh tubuh.

9.      Menurunkan Kolesterol
Tubuh insan gampang terkena aneka macam macam penyakit, contohnya saja darah tinggi, asam urat dan juga kolesterol tinggi. Salah satu penyakit yang harus diwaspadai ialah penyakit kolesterol tinggi. kolesterol tinggi sanggup menjadikan aneka macam macam penyakit komplikasi yang membahayakan bagi tubuh. Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi sanggup memakai mahkota dewa, zat flavonoid di dala mahkota yang kuasa sanggup menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

10.  Mengusir Alergi
Zat polifenol yang ada dalam mahkota yang kuasa bermanfaat untuk mengusir dan menghilangkan alergi khususnya alergi pada makanan.

11.  Mengobati Tumor
Tumor ialah adanya benjolan tidak normal yang tumbuh di dalam tubuh. Tumort sanggup dihilangkan dan diobati memakai kulit mahkota yang kuasa kering yang direbus. Kandungan antioksidan yang ada di dalam kulit mahkotra dewa, sama banyaknya dengan kandungan antioksidan di dalam kulit manggis kering.

12.  Mengobati Flu Dan Batuk
Flu dan batuk ialah penyakit yang disebabkan oleh virus. Kandungan mahkota yang kuasa ada yang bersifat antivirus sehingga sanggup mengobati flu dan batuk pada tubuh.

13.  Mengobati Jantung Koroner
Jantung koroner adalha penyakit jantung yang mematikan. Salah satu penyebabnya ialah pedoman darah ke jantung yang tersumbat. Untuk mengobati penyakit jantung koroner ialah dengan menciptakan pedoman darah ke jantung menjadi lancar. Zat flavonoid pada mahkota yang kuasa sanggup melancarkan pedoman darah di pembuluh darah. Jika pedoman darah ke jantung lancar, kinerja jantung pun sanggup menjadi lebih baik lagi.

14.  Menangkal Radikal Bebas
Banyak jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya radikal bebas. Tubuh setiap harinya rentan untuk terkena radikal bebas, untuk menangkal radikal bebas sanggup memakai mahkota dewa. Zat antioksidan yang ada dalam kulit buah mahkota yang kuasa sanggup dipakai sebagai penangkal radikal bebas.

15.  Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker Dan Tumor
Kandungan antioksidan yang ada dalam kulit mahkota yang kuasa kering sanggup bermanfaat untuk mencegah timbunya sel kanker dan juga sel tumor. Kandungan antioksidan tersebut juga bermanfaat untuk mencegah penyebaran sel kanker dan tumor.

16.  Mengurangi Timbunan Lemak Di Pembuluh Darah
Salah satu hal yang menjadikan pembuluh darah menyempit dan tersumbat ialah adanya timbunan lemak di dalam pembuluh darah. Untuk mengurangi timbunan lemak tersebut sanggup memakai mahkota dewa. Di dalam mahkota yang kuasa ada zat flavonoid yang sanggup mengurangi timbunan lemak.

17.  Mengobati Gatal-Gatal
Kandungan polifenol yang ada di dalam mahkota yang kuasa sanggup bermanfaat untuk mengobati gatal-gatal. Cara mengobati gatal-gatal dengan mahkota yang kuasa ialah sebagai berikut ini :
Daun mahkota dewa.
Giling atau tumbuk daun mahkota yang kuasa tersebut.
Tempelkan gilingan daun mahkota yang kuasa yang telah halus ke serpihan yang gatal.
Penggantian dilakukan sebanyak tiga kali sehari.

18.  Obat Asam Urat
Zat flavonoid pada mahkota yang kuasa sanggup menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Jika kadar asam urat sanggup diturunkan maka penyakit asam urat pun sanggup diobati dan juga dihilangkan.

19.  Obat Disentri
Disentri ialah penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Disentri sanggup disembuhkan memakai mahkota yang kuasa lantaran zat saponin di dalam mahkota yang kuasa bersifat anti bakteri. Cara menyembuhkan disentri memakai mahkota yang kuasa ialah sebagai berikut ini :
Siapkan kulit buah mahkota yang kuasa kering sebanyak 6 gram.
Siapkan air higienis 5 gelas.
Rebus buah mahkota yang kuasa memakai air. Biarkan hingga mendidih dan sisakan setengahnya. Minum sebanyak tiga kali sehari.

20.  Mengobati Hepatitis
Penyakir hepatitis disebabkan oleh virus. Penyakit ini tidak sanggup dibiarkan. Untuk mengobati penyakit hepatitis, sanggup memakai mahkota dewa. Zat saponin dalam mahkota yang kuasa bermanfaat untuk mengobati penyakit hepatitis. Cara mengobati hepatitis memakai mahkota yang kuasa ialah sebagai berikut ini :
Siapkan 5 gram daging mahkota dewa.
Pegagan sebanyak 15 gram.
Daun sambiloto kering sebanyak 10 gram.
Air higienis sebanyak 5 gelas.
Daun yang kuasa sebanyak 15 gram.
Campur semua materi dan kemudia rebus hingga tersisa tiga gelas saja.
Minum air rebusan tersebut sebanyak tiga kali sehari.
Nah itulah beberapa manfaat mahkota yang kuasa yang sanggup dipakai dalam kehidupan sehari hari. Namun satu hal yang harus diketahui, selalu konsultasikan terlebih dahulu penyakit anda pada dokter sebelum memutuskan memakai obat herbal.

Sumber : Google Wikipedia

No comments