Home Top Ad

Responsive Ads Here

Kejujuran Iblis Kepada Insan ( Nabi Muhammad Saw )

Share:
Ada sebuah hadits  yang diriwayatkan oleh Muadz bin Jabal R.A dari Ibnu Abbas R.A, perihal kejujuran iblis ( syaitan ) kepada insan yang bisa jadi materi renungan selagi kita menjadi ibadah selama bulan ramadhan ini,  keduanya berkata : ”Kami bersama Rosululloh SAW berada dirumah seorang sahabat dari golongan Anshor (di Madinah) dimana para sahabat sedang berkumpul dirumah tersebut.



“Ketika kami sedang bersama Rosululloh SAW di kediaman  seorang sahabat Anshar, tiba – tiba terdengar panggilan seseorang dari  luar rumah:


“Wahai penghuni rumah, bolehkah saya masuk..? Sebab kalian akan  membutuhkanku. ”

Rosululloh bersabda:”Tahukah kalian siapa yang  memanggil?”

Kami menjawab: “Alloh dan RosulNya yang lebih  mengetahui.”

Beliau melanjutkan, “Itu Iblis, laknat Alloh  bersamanya.”

Umar bin Khattab berkata: “izinkan saya membunuhnya wahai  Rosululloh”

Nabi menahannya:

Sabar wahai Umar, bukankah  kau tahu bahwa Alloh SWT memberinya kesempatan hingga hari kiamat? Lebih  baik bukakan pintu untuknya, alasannya ia telah diperintahkan oleh Alloh  untuk ini,  pahamilah apa yang hendak ia katakan dan dengarkan dengan  baik.

Ibnu Abbas RA berkata:

Pintu kemudian dibuka,  ternyata ia (iblis ) tampak menyerupai seorang kakek yang cacat satu matanya. di janggutnya terdapat 7 helai rambut  menyerupai rambut kuda, taringnya terlihat menyerupai taring babi, bibirnya  menyerupai bibir sapi.

Iblis berkata: “Salam untukmu Muhammad,… . salam untukmu  para hadirin…”

Rosululloh SAW kemudian menjawab:  Salam hanya  milik Alloh SWT, sebagai mahluk terlaknat, apa  keperluanmu?”

Iblis menjawab: “Wahai Muhammad, saya tiba ke sini bukan atas  kemauanku, namun lantaran terpaksa.”

” Siapa yang  memaksamu?”

 Seorang malaikat dari utusan Alloh telah mendatangiku  dan berkata:

“Alloh  SWT memerintahkanmu untuk mendatangi Muhammad sambil menundukkan  diri. 

Beritahu Muhammad perihal caramu dalam menarik hati manusia. jawabalah  dengan jujur semua pertanyaannya. Demi kebesaran Alloh, andai kau  berdusta satu kali saja, maka Alloh akan jadikan dirimu debu yang ditiup  angin.”
Oleh  lantaran itu saya kini mendatangimu. Tanyalah apa yang hendak kau tanyakan. bila aku  berdusta, saya akan dicaci oleh setiap musuhku. tidak ada sesuatu pun yang paling besar menimpaku  daripada cacian musuh.”

Orang Yang Dibenci Iblis

Rosululloh  SAW kemudian bertanya kepada Iblis:

“Kalau kau benar jujur,  siapakah insan yang paling kau benci?”

Iblis segera menjawab:

“Kamu, kau dan orang sepertimu ialah mahkluk  Allah yang paling aku  benci.”

“Siapa  selanjutnya?”

“Pemuda yang bertakwa yang memperlihatkan dirinya mengabdi  kepada Allah SWT.”

“lalu siapa  lagi?”

“Orang Aliim dan wara’  (Loyal)”

“Lalu siapa  lagi?”

“Orang  yang selalu  bersuci.”

“Siapa  lagi?”

“Seorang fakir yang sabar dan tak pernah  mengeluhkan kesulitannnya kepda orang lain.“
Tanda  orang  sabar


“Apa tanda  kesabarannya?”

“Wahai Muhammad, bila ia tidak mengeluhkan kesulitannya  kepada orang lain selama 3  hari, Alloh akan memberi pahala orang -orang  yang sabar.”
” Selanjutnya  apa?”

“Orang kaya yang bersyukur.“

 

Tanda orang Syukur

“Apa tanda  kesyukurannya?”

“Ia mengambil kekayaannya dari tempatnya, dan  mengeluarkannya juga dari tempatnya.”
“Orang menyerupai apa Abu  Bakar menurutmu?”

“Ia tidak pernah menurutiku di masa jahiliyah, apalagi dalam  Islam.”
“Umar bin  Khottob?”

“Demi Alloh setiap berjumpa dengannya aku  niscaya kabur.”

“Usman bin  Affan?”

“Aku  aib kepada orang yang  malaikat pun aib kepadanya.

“Ali bin Abi  Tholib?”

“Aku  berharap darinya biar kepalaku selamat, dan berharap ia melepaskanku dan  saya melepaskannya. tetapi ia tak akan mau melaksanakan itu.”  (Ali bin Abi Thalib selau berdzikir terhadap Alloh SWT)

Amalan Yang  Dapat Menyakiti Iblis


“Apa yang kau rasakan  bila melihat seseorang dari umatku yang hendak  sholat?”

“aku  merasa panas hambar dan gemetar.”

“Kenapa?”

“Sebab, setiap seorang hamba bersujud 1x  kepada Alloh, Alloh mengangkatnya 1 derajat.”
“Jika seorang umatku  berpuasa?”

“Tubuhku terasa terikat hingga ia  berbuka.”
“Jika ia  berhaji?”

“Aku  menyerupai orang  gila.”

“Jika ia membaca  al-Quran?”

“Aku merasa meleleh laksana timah diatas  api.”

“Jika ia  bersedekah?”

“Itu sama saja  orang tersebut membelah tubuhku  dengan gergaji.”

“Mengapa bisa  begitu?”

“Sebab dalam sedekah ada 4 laba baginya.  yaitu keberkahan dalam hartanya, hidupnya disukai, sedekah itu kelak  akan menjadi hijab antara dirinya dengan api neraka dan segala macam  petaka akan terhalau dari dirinya.”
“Apa yang sanggup mematahkan  pinggangmu?”

“Suara kuda perang di jalan  Allah.”

“Apa yang sanggup melelehkan  tubuhmu?”

“Taubat orang yang bertaubat.”

“Apa yang sanggup membakar  hatimu?”

“Istighfar di waktu siang dan  malam.”
“Apa yang sanggup mencoreng  wajahmu?”

“Sedekah yang membisu – diam.”

“Apa yang sanggup menusuk  matamu?”

“Shalat fajar.”

“Apa yang sanggup memukul  kepalamu?”

“Shalat  berjamaah.”

“Apa yang paling  mengganggumu?”

“Majelis para  ulama.”

“Bagaimana cara  makanmu?”

“Dengan tangan kiri dan  jariku.”

“Dimanakah kau menaungi  anak – anakmu di ekspresi dominan panas?”

“Di bawah kuku  manusia.”
 

Manusia Yang Menjadi  Teman Iblis


Nabi  kemudian bertanya : “Siapa temanmu wahai  Iblis?”

“Pemakan riba.”

“Siapa  sahabatmu?”

“Pezina.”

“Siapa teman  tidurmu?”

“Pemabuk.”

“Siapa  tamumu?”

“Pencuri.”
“Siapa  utusanmu?”

“Tukang sihir.”

“Apa yang membuatmu  gembira?”

“Bersumpah dengan  cerai.”

“Siapa  kekasihmu?”

“Orang  yang meninggalkan  sholat jum’at”

“Siapa insan yang paling  membahagiakanmu?”

“Orang  yang meninggalkan sholatnya dengan  sengaja.”
 

Iblis Tidak Berdaya Di  hadapan Orang Yang Ikhlas


Rosululloh SAW lalu  bersabda : “Segala puji bagi Alloh  yang telah membahagiakan umatku dan  menyengsarakanmu.”

Iblis segera menimpali :

“Tidak,tidak… tak akan ada kebahagiaan  selama saya hidup hingga hari akhir.

Bagaimana kau bisa berbahagia  dengan umatmu, sementara saya bisa masuk ke dalam fatwa darah mereka dan  mereka tak bisa melihatku.  Demi yang membuat diriku dan memperlihatkan ku kesempatan hingga  hari akhir, saya akan menyesatkan mereka semua.  Baik yang bodoh, atau yang pintar, yang bisa membaca dan tidak bisa membaca, yang berandal dan yang shaleh, kecuali hamba  Alloh yang  ikhlas.”

“Siapa orang yang ikhlas  menurutmu ?”

“Tidakkah kau tahu wahai Muhammad, bahwa  barang siapa yang menyukai  emas dan perak, ia bukan orang yang  ikhlas. Jika kau lihat seseorang yang tidak menyukai dinar dan  dirham, tidak suka pujian  dan sanjunang, saya bisa pastikan bahwa ia orang yang ikhlas, maka aku  meninggalkannya. Selama seorang hamba masih menyukai harta dan sanjungan  dan hatinya selalu terikat dengan kesenangan dunia, ia sangat patuh  padaku.”

Iblis Dibantu oleh 70.000 anak –  anaknya

Tahukah kamu  Muhammad, bahwa saya mempunyai 70.000 anak. Dan setiap anak memiliki  70.000 syaithan.

Sebagian ada yang saya tugaskan untuk mengganggu ulama. Sebagian untuk  menggangu anak – anak muda, sebagian untuk menganggu orang -orang tua, sebagian untuk  menggangu wanta – perempuan tua, sebagian anak -anakku juga saya tugaskan  kepada para Zahid.

Aku punya anak ynag suka mengencingi telinga  insan sehingga ia tidur pada shalat berjamaah. tanpanya,  insan tidak akan  mengantuk pada waktu shalat berjamaah.

Aku punya anak yang suka menaburkan sesuatu di  mata orang yang sedang  mendengarkan ceramah ulama hingga mereka tertidur dan pahalanya  terhapus.

Aku punya anak yang senang berada di pengecap manusia, bila seseorang melakukan  kebajikan kemudian ia beberkan kepada manusia, maka 99% pahalanya akan  terhapus.

Pada setiap seorang perempuan yang berjalan, anakku dan syaithan  duduk di pinggul dan pahanya, kemudian menghiasinya biar setiap orang  memandanginya.

Syaithon juga berkata,”keluarkan tanganmu”, lalu  ia mengeluarkan tangannya kemudian syaithon pun menghiasi  kukunya.

Mereka, anak – anakku selalu meyusup dan berubah dari satu  kondisi ke kondisi lainnya, dari satu pintu ke pintu yang lainnya untuk menggoda  insan hingga mereka terhempas dari keikhlasan mereka.

Akhirnya  mereka menyembah Alloh tanpa ikhlas, namun mereka tidak merasa.

Tahukah kamu, Muhammad?  bahwa ada  rahib yang telah beribadat  kepada Allah selama 70 tahun. Setiap orang sakit yang didoakan olehnya, sembuh seketika. Aku terus menggodanya  hingga ia berzina, membunuh dan kufur.

Cara Iblis Menggoda

Tahukah kau Muhammad, dusta berasal dari  diriku?

Akulah mahluk pertama yang berdusta.

Pendusta ialah sahabatku. barangsiapa  bersumpah dengan berdusta, ia kekasihku.

Tahukah kau  Muhammad?

Aku bersumpah kepada Adam dan Hawa dengan nama Alloh  bahwa saya benar – benar menasihatinya.

Sumpah dusta adalah  kegemaranku.

Ghibah (gossip) dan Namimah (Adu domba)  kesenanganku.
Kesaksian palsu kegembiraanku.

Orang yang bersumpah untuk  menceraikan istrinya ia berada di pinggir dosa walau hanya sekali dan  walaupun ia benar. Sebab barang siapa membiasakan dengan kata – kata  cerai, isterinya menjadi haram baginya. Kemudian ia akan beranak cucu  hingga hari kiamat. jadi semua anak – anak zina dan ia masuk neraka  hanya lantaran satu kalimat, CERAI.

Wahai Muhammad, umatmu  ada yang suka mengulur  ulur shalat. Setiap ia hendak bangkit untuk shalat, saya bisikan padanya  waktu masih lama, kau masih sibuk, kemudian ia manundanya hingga ia  melaksanakan shalat di luar waktu, maka shalat itu dipukulkannya  kemukanya.

Jika ia berhasil mengalahkanku, saya biarkan ia shalat.  Namun saya bisikkan ke telinganya ‘lihat kiri dan kananmu’, iapun  menoleh. pada ketika iatu saya usap dengan tanganku dan kucium keningnya  serta saya katakan ‘shalatmu tidak sah’

Bukankah kau tahu Muhammad, orang yang banyak menoleh dalam  shalatnya akan dipukul.

Jika ia shalat sendirian, saya suruh dia  untuk bergegas. ia pun shalat menyerupai ayam yang mematuk beras.

jika ia  berhasil mengalahkanku dan ia shalat berjamaah, saya ikat lehernya dengan  tali, hingga ia mengangkat kepalanya sebelum imam, atau meletakkannya  sebelum imam.

Kamu tahu bahwa melaksanakan itu batal shalatnya dan  wajahnya akan dirubah menjadi wajah keledai.

Jika ia berhasil  mengalahkanku, saya tiup hidungnya hingga ia menguap dalam shalat. Jika  ia tidak menutup mulutnya  ketika mnguap, syaithan akan masuk ke dalam dirinya, dan membuatnya  menjadi bertambah serakah dan absurd dunia.

Dan iapun semakin taat  padaku.

Kebahagiaan apa untukmu, sedang aku  memerintahkan orang miskin  biar meninggalkan sholat. saya katakan padaknya, ‘kamu tidak wajib sholat, sholat hanya  wajib untuk orang yang  berkecukupan dan sehat. orang sakit dan miskin tidak, bila kehidupanmu telah berubah gres kau  shalat.’

Ia pun mati dalam kekafiran. Jika ia mati sambil  meninggalkan sholat maka Allah akan menemuinya dalam Kemurkaan.

Wahai Muhammad, bila saya berdusta Alloh akan  menjadikanku debu.

Wahai Muhammad, apakah kau akan bergembira  dengan umatmu padahal saya mengeluarkan seperenam mereka dari  islam?”

10 Permintaan Iblis kepada Alloh SWT


“Berapa hal  yang kau pinta dari  Tuhanmu?”

“10  macam”

“apa  saja?”

"Aku  minta biar Alloh membiarkanku menyebarkan dalam harta dan anak manusia,  Alloh mengizinkan. Alloh SWT berfirman,“berbagilah dengan insan dalam  harta dan anak. dan janjikanlah mereka, tidaklah komitmen setan kecuali  tipuan.” (QS Al-Isra :64). Harta yang  tidak dizakatkan, saya makan darinya. Aku juga makan dari  makanan haram dan yang  bercampur dengan riba, saya juga makan dari makanan yang tidak dibacakan nama  Allah.

"Aku minta  biar Alloh membiarkanku ikut bersama dengan orang yang berafiliasi dengan  istrinya tanpa berlindung dengan Alloh, maka setan ikut bersamanya dan  anak yang dilahirkan akan  sangat patuh kepada syaithon.

" Aku minta biar bisa ikut bersama  dengan orang yang menaiki  kendaraan bukan untuk tujuan yang halal."

Aku minta biar Alloh mengakibatkan kamar  mandi sebagai rumahku.

Aku minta biar Alloh mengakibatkan pasar  sebagai masjidku.

Aku minta biar Allah memberikanku saudara , maka Ia  jadikan orang yang  membelanjakan hartanya untuk maksiat sebagai saudaraku.

Aku minta biar Alloh mengakibatkan pemabuk sebagai teman  tidurku.

Aku minta biar Alloh mengakibatkan syair sebagai  Quranku.Allah  berfirman, “Orang  -orang boros adalah  saudara – saudara syaithan. ” (QS Al-Isra : 27).

Wahai Muhammad, saya minta biar Allah membuatku bisa melihat insan sementara  mereka tidak bisa  melihatku.

Dan saya minta biar Allah memberiku kemampuan untuk  mengalir dalam fatwa darah manusia.Allah menjawab, “silahkan”,  dan saya gembira dengan hal itu hingga hari kiamat. Sebagian besar manusia  bersamaku di hari kiamat.

Iblis berkata : “wahai muhammad,  saya tak bisa menyesatkan  orang sedikitpun, saya hanya bisa membisikan dan  menggoda.”

jika saya bisa menyesatkan, tak akan tersisa seorangpun…!!!

Sebagaimana  dirimu, kau tidak bisa  memberi hidayah sedikitpun, engkau hanya rasul yang menyampaikan  amanah.

Jika kau bisa memberi hidayah, tak akan ada seorang kafir  pun di muka bumi ini.

Kau hanya bisa menjadi penyebab  untuk orang yang telah  ditentukan sengsara.

Orang  yang senang ialah orang  yang telah ditulis senang semenjak di perut ibunya. Dan orang yang sengsara ialah orang yang telah ditulis sengsara semenjak dalam kandungan ibunya.

Rasulullah SAW lalu  membaca ayat :

“Mereka akan terus  berselisih kecuali orang  yang dirahmati oleh Allah SWT” (QS Hud :118 –  119)  juga membaca,”Sesungguhnya  ketentuan Allah niscaya berlaku” (QS Al-Ahzab :  38)

Iblis lalu  berkata:

“Wahai Muhammad Rasulullah, takdir  telah ditentukan dan pena takdir telah kering. Maha Suci Allah yang menjadikanmu pemimpin para  nabi dan rasul, pemimpin penduduk surga, dan yang telah mengakibatkan saya pemimpin  mahluk  mahluk celaka dan pemimpin penduduk neraka. saya si  celaka yang terusir, ini selesai yang ingin aku  sampaikan kepadamu dan saya tak  berbohong.”

Itulah tugas-tugas dari Iblis (Syaithan), sehingga dari paparan di atas kita sanggup mengetahui dan dengan sekuat tenaga & fikiran, biar kita sanggup mencegahnya biar tidak menuruti bisikan dan godaan Iblis.

Semoga puasa ramadhan tahun ini 2016 yang sedang kita jalani akan menjadi momen perubahan diri kepada ahklak ketakwaan dan keimanan yang lebih baik. kuarang lebih admin aspal-putih.blogspot.com minta maaf, kepada Allah SWT admin mohon ampun.

Referensi admin kutip dari banyak sekali sumber, biar jawaban pahala saja bila admin lupa kepada pemiliknya.



No comments