Home Top Ad

Responsive Ads Here

Timbilan. Penyebab Timbilan Dan Langkah-Langkah Mengatasinya

Share:



TIMBILAN. Hampir semua orang mengenal yang namanya timbilan, dan beberapa oramg pernah mengalaminya. Dalam istilah medis timbilan disebut hordeolum.

Rumor yang beredar dimasyarakat timbilan biasanya merupakan efek keseringan mengintip orang yang sedang mandi. Namun pernyataan menyerupai itu hanyalah sebuah mitos, dan tidak ada pembuktian mengenai hal itu.

Hordeolum atau timbilan merupakan infeksi pada kelenjar kelopak mata. Kelenjar kelopak mata tersebut meliputi, kelenjar zeis, kelenjar moll, dan kelenjar meibom. Dari segi tempatnya hordeolum dibagi menjadi 2, ialah hordeolum eksterna dan hordeolum interna. Hordeolum interna terjadi pada kelenjar meibom, benjolan yang mengarah ke konjungvita (selaput mata bab dalam). Sedangkan hordeolum eksterna ini terjadi pada kelenjar zeis dan moll, dimana benjolan nampak dari luar kulit kelopak mata bab luar.

Lalu menyerupai apa gejala-gejala dari hordeolum atau timbilan?  Berikut gejala-gejala dari hordeolum:

  • Benjolan dikelopak mata 
  • Mata akan terlihat sedikit nanah dan terasa nyeri bagi penderitanya
  • Bagi si pemderita akan mencicipi sesuatu dalam atau luar mata
  • Mata akan lebih gampang lembap dan juga akan lebih sensitif terhadap sinar matahari
  • Bernanah
  • Gatal

Hordeolum sanggup sembuh dengan sendirinya sekitar 1 hingga 2 minggu. Penyakit hordeolum tidak akan menular. Bagi anda yang menderita hordeolum sebaik jangan dikucek atau dipites. 

Bagi anda yang menderita hordeolum mungkin sanggup mengikuti langkah-langkah berikut ini, supaya hordeolum atau bintitan segera sembuh :

  • Kompres hangat. Anda boleh mengompres kelopak mata anda dengan handuk yang sudah dicelupkan ke air hangat. Pastikan handuk itu hangat dan diperas supaya tidak menetes, kemudian atur suhu handuk supaya tidsk terlalu panas, itu tidak baik untuk anda dan mata anda. 
  • Hindari pemakaian lensa kontak dan bersihkan make up dengan benar. Sebelum tidur sebaiknya wajah anda dibersihkan terlebih dahulu, supaya kuman tidak marusak mata anda. Berhentilah sejenak memakai kontak lensa, supaya tidak menambah iritasi terhadap mata. Gantilah maskara setiap 6 bulan sekali. 
  • Menjaga kebersihan mata. Rutinlah mencuci wajah anda, gunakanlah air hangat untuk mencegah infeksi atau peradangan pada kelopak mata andan. Gunakanlah sabun yang tidak terlalu keras supaya tidak melukai kelopak mata anda. 
  • Kompres dengan black tea. Black tea ini memiliki efek anti peradangan dan efek anti kuman secara alami. Kompreslah kelopak mata anda memakai black tea sisa yang anda seduh dan pastikan masih memakai kantungnya. Usahakan jangan terlalu panas, dan gunakan kantong black tea hanya sekali pakai. Jika ingin mengaplikasikan kekelopak mata anda, basuh terlebih dahulu mata anda dengan air hangat, peras black tes, usahakan jangan hingga airnya mentes, kemudian tunggu sekitar 10-15 menit. 
  • Menggunakan timun atau kentang. Timun dan kentang yang didinginkan sanggup mengurangi nyeri akhir infeksi dan peradangan pada kelopak mata anda. 

Jika beberapa langkah-langkah diatas sudah dilakukan tetapi hordeolum atau timbilan tidak kunjung sembuh, maka periksakanlah mata anda kedoter. Supaya anda mengtahui apa yang sebernya terjadi dan apa yang perlu anda hindari. 

No comments