Home Top Ad

Responsive Ads Here

Penyebab Cegukan Dan Cara Mengatasinya

Share:



Cegukan merupakan kontraksi otot difragma yang terjadi secara tiba-tiba. Diafragma terdapat diantara paru-paru dan rongga perut yang berbentuk menyerupai kubah.

Ketika menarik nafas otot diafragma terdorong kebawah, dan saat menghela nafas otot diafragma akan kembali rileks. Namun pada kondisi tertentu otot diafragma akan mengalami kontraksi dan kesudahannya memaksa menarik udara ketenggorokan dan pada kesudahannya akan berbunyi "hiks", biasanya dalam bahasa inggris disebut hiccup.

Lalu apa yang menyebabkan cegukan? Berikut ini penyebab terjadinya cegukan:

  • Makan terlalu cepat dan terlalu banyak
  • Terlalu banyak meminum minuman kaleng, bersoda, dan alkohol
  • Merasa gugup dan terlalu bersemangat 
  • Stres
  • Perubahan suhu secara mendadak
  • Makan sambil berbicara.
  • Obat-obatan menyerupai obat penenang dan golongan obat steroid.

Cegukan biasanya akan berlangsung sementara dan sanggup hilang sendirinya. Namun beberapa kasus tapi jarang sekali terjadi, cegukan ini sanggup berlangsung usang mungkin 1 hari lebih sampi berhari-hari. Cegukan yang berlangsung usang sanggup disebabkan lantaran kerusakan sistem saraf yang terhubung dengan diafragma. Pada kasus yang lebih serius mereka yang mengalami penyakit gondokan, dan tumor dibagian leher kemungkinan sanggup mengalami cegukan yang berlangsung lama.

Lalu bagaimana cara mengatasi cegukan? Apakah dengan menempelkan kertas dahi, atau membalikan tubuh menyerupai kelelawar? Itu hanyalah sebuah mitos, belum pernah ada penelitian mengenai hal itu.

Cegukan sanggup disembuhkan dengan cara menahan nafas atau bernafas dalam kantung sanggup menyebabkan kardioksida akan terkumpul didalam paru-paru dan menciptakan diafragma menjadi rileks kembali. Berdiam diri lah dengan rileks, biasanya cegukan akan hilang dengan sendirinya. Jika semua cara tidak berhasil, cobalah untuk pergi kedokter, dengan berkonsultasi dengan dokter anda mengetahui penyakit apa yang menyebabkan anda cegukan yang berlangsung lama.

Nah itulah beberapa penyebab cegukan dan cara mengatasinya. Suatu hal yang dianggap sepel jikalau berlangsung usang dan tidak kunjung sembuh, jangan pernah menganggap itu sepele, cobalah untuk memerikasakan diri anda. 

No comments