Home Top Ad

Responsive Ads Here

Jenis-Jenis Nutrisi Dan Vitamin Untuk Mata

Share:



Gangguan atau penurunan fungsi penglihatan ini niscaya akan dialami oleh semua orang, terutama bagi mereka yang memasuki usia lanjut. Namun penurunan fungsi penglihatan sanggup kita cegah, dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mempunyai vitamin yang berguba untuk penglihatan mata.

Diperkirakan setengah dari pupulasi orang remaja akan menderita katarak pada usia 75 tahun. Namun ada beberapa vitamin yang sanggup mencegah penurunan fungsi mata dikala anda berusia lanjut. Berikut jenis-jenis vitamin untuk mencegah penurunan fungsi mata :

  • Lutein. Lutein mengandung antioksidan dan anti peradangan yang sanggup menjaga supaya mata tetap sehat. Anda sanggup mendapat lutein ini dari buah-buahan, citrus, kuning telur dan sayur-sayuran yang berwarnya oranye. Dengan mengkonsumsi lutein 6mg/hari sanggup menurunkan resiko macular degeneration sampai 43%.
  • Zeaxanthin. Zeaxanthin meruapakan jenis karotenoid yang terbaik untuk mata anda. Seperti lutein, zeaxanthin membantu melindungi jaringan mata, lensa dan macula yang memperjelas penglihatan dan mencegah masalah-masalah mata ibarat katarak pada usia lanjut.
  • Vitamin C. Manfaat vitamin C selain sanggup mmbantu sistem imun, ternyata vitamin C sanggup membantu mengurangi resiko terkena katarak. Vitamin C sanggup didapatkan dari buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar. 
  • Vitamin E. Vitamin C dan vitamin E sama-sama sanggup bekerja untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin E tergolong fat-soluble (vitamin yang larut lemak). 
  • Zinc. Zinc yaitu salah satu mineral yang berfungsi utuk menjaga supaya mata kita tetap sehat. Zinc juga sanggup membantu untuk mengurangi resiko terjadinya macular degeneration atau katarak. Zinc berperan penting dalam cell devision dan cell growth yang menjaga kesetabilan sirkulasi, mencegah sistem imun menjadi terlalu aktif, sistem imun yang terlalu aktif sanggup menyerang diri kita sendiri atau disebut Auto Imune. Zinc juga bersifat anti peradangan yang disebabkan oleh sitokin. 
  • Vitamin A. Vitamin A atau disebut juga beta karoten, vitamin A memang sangat baik untuk mata. Menurut penelitian kita membutuhkan vitamin A yang memadai untuk mencegah Xerophthalmia atau rabun senja. Asupan vitamin A dengan antioksidan lainnya sanggup memperlambat proses kerusakan saraf ibarat Diabetic Neuropathy. Diabetic Neuropathy yaitu kerusakan saraf yang disebabkan oleh diabetes. 
  • Omega 3. Omega 3 berasal dari minyak ikan, omega 3 selain elok untuk penglihatan mata juga elok untuk peradangan. Omega 3 selain terdapat pada ikan juga terdapat oada tumbuh-tumbuhan ibarat flex seed dan juga chia seed. 

Itulah beberapa jenis-jenis vitamin untuk mencegah fungsi penurunan kesehatan mata. Pastikan diantara vitamin diatas ada dalam masakan sehari-hari anda, supaya mata anda sehat selalu.

Dsni Gan


Dsni Gan

No comments