Home Top Ad

Responsive Ads Here

Cantengan Dan Cara Mengobatinya

Share:



Cantengan merupakan suatu penyakit yang dapat terjadi pada kuku kaki ataupun kuku tangan. Penyakit cantengan biasanya terjadi diarea jari jempol, tidak menutup kemungkinan dapat saja terjadi pada jari-jari lain.

Penyakit cantengan ini ditandai dengan pembengkakan pada ujung jempol atau sisi samping kuku. Biasanya penyakit ini disertai rasa sakit, pembengkakan, bernanah dan berbau busuk, apalagi dikala ditekan rasanya sangat sakit.

Penyakit cantengan dibagi menjadi dua, ialah cantengan akut dan cantengan kronis. Cantengan akut biasanya disebabkan lantaran infeksi. Cantengan akut mempunyai ciri-ciri pembengkakan berwarna kemerahan dan disertai nanah, cantengan akut akan sembuh kurang dari 6 minggu. Sedangkan cantengan kronis biasanya disebabkan lantaran trauma, syok yang dimaksud ialah tanda-tanda yang dapat timbul kapan saja. Cantengan kronis mempunyai ciri-ciri kuku yang sudah rusak, bernanah dan pembengkakan ringan, cantengan kronis biasanya akan sembuh lebih dari 6 minggu.

Lalu apa saya sih yang menimbulkan terjadinya penyakit cantengan? Berikut penyebab penyakit cantengan :

  • Infeksi. Biasanya ibu-ibu rumah tangga yang rentan terkena penyakit cantengan. Dikarenakan ibu-ibu sering terkena air, menyerupai mencuci piring, mencuci baju dan lain-lain. Jari tangan atau kaki yang terkena air terlalu usang akan menjadikan kutikula kuku menjadi lembab dan gampang kemasukan air yang mengandung bakteri. Akibatnya kuku menjadi infeksi dan infeksi. 
  • Karena Cedera Olahraga. Cantengan dapat terjadi lantaran cedera olahraga, contohnya lantaran mendendang terlalu keras sehingga kuku menjadi patah dan menimbulkan infeksi dan pembengkakan.
  • Bentuk Kuku. Biasanya setiap orang mempunyai bentuk kuku yang berbeda-beda. Dan biasanya yang paling sering terjadi cantengan ialah kuku yang berbentuk kipas. Karena kuku yang berbentuk kipas biasanya tumbuh kebagian dalam, kemudian menimbulkan cantengan.
  • Cara Memotong Kuku Yang Salah. Ada sebagian orang malas memotong kuku, kemudian kemudian mereka mengupas kuku. Kuku yang sehat tolong-menolong tidak gampang dikupas lantaran mempunyai tekstur yang keras. Dengan cara mengupas atau menggigit kuku biasanya dapat melukai kulit pada jari, kemudian terjadilah pembengkakan atau cantengan. Cara memotong kuku yang salah dan menggunting kuku yang terlalu pendek akan menimbulkan luka dan kuku yang tumbuh menjadi tidak rata, kesudahannya kuku yang gres tumbuh akan masuk kedalam dan terjadi pembengkakan pada jari atau cantengan.

Lalu bagaimana kalau sudah terjadi cantengan. Bagaimana cara mengobatinya?. Jika cantengan masih dalam tahap normal menyerupai infeksi dan belum mengeluarkan nanah, anda cukup mengompresnya memakai kain kasa dan air hangat. Kompres selama 3x selama 10 menit. Jika cantengan sudah mengeluarkan nanah dan tidak kunjung sembuh meskipun sudah diberi obat, salep dan lain sebagainya. Cobalah berkunjung kedokter, penanganan pertama biasanya dokter akan melaksanakan operasi kecil, menyerupai pengambilan nanah dan pemotongan kuku yang menimbulkan infeksi.

Memotong kuku yang baik ialah tidak terlalu pendek atau dalam, tidak runcing dan tidak kotak. Jangan memasukan benda-benda tajam kedalam sisi kuku. Selalu jaga kebersihan sepatu, kaus kaki, jari tangan ataupun jari kaki. 

No comments