Home Top Ad

Responsive Ads Here

Kisah Untung Surapati

Share:
KISAH UNTUNG SURAPATI

Orientasi
Untung Surapati (Bahasa Jawa: Untung Suropati) (terlahir Surawiroaji, lahir di Bali, 1660 – meninggal dunia di Bangil, Pasuruan, Jawa Timur, 5 Desember 1706 pada umur 45/46 tahun) yaitu seorang tokoh dalam sejarah Nusantara yang dicatat dalam Babad Tanah Jawi. Kisahnya menjadi legendaris alasannya yaitu mengisahkan seorang anak rakyat jelata dan budak VOC yang menjadi seorang bangsawan dan Tumenggung (Bupati) Pasuruan.  Kisah Untung Surapati yang legendaris dan perjuangannya melawan kolonialisme VOC di Pulau Jawa membuatnya dikenal sebagai pahlawan nasional Indonesia. Ia telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional Indonesia menurut S.K. Presiden No. 106/TK/1975 tanggal 3 November 1975.

Latar Belakang
Asal permintaan Untung
Untung Surapati, Nama aslinya Surawiroaji.[1] Menurut Babad Tanah Jawi ia berasal dari Bali yang ditemukan oleh Kapten van Beber, seorang perwira VOC yang ditugaskan di Makasar. Kapten van Beber kemudian menjualnya kepada perwira VOC lain di Batavia yang berjulukan Moor. Sejak mempunyai budak baru, karier dan kekayaan Moor meningkat pesat. Anak kecil itu dianggap pembawa keberuntungan sehingga diberi nama "Si Untung".  Ketika Untung berumur 20 tahun, ia dimasukkan penjara oleh Moor alasannya yaitu menjalin relasi dengan putrinya yang berjulukan Suzane. Untung kemudian menghimpun para tahanan dan berhasil kabur dari penjara dan menjadi buronan.

Mendapat nama Surapati
Pada tahun 1683 Sultan Ageng Tirtayasa raja Banten dikalahkan VOC. Putranya yang berjulukan Pangeran Purbaya melarikan diri ke Gunung Gede. Ia menetapkan mengalah tetapi hanya mau dijemput perwira VOC pribumi.  Kapten Ruys (pemimpin benteng Tanjungpura) berhasil menemukan kelompok Untung. Mereka ditawari pekerjaan sebagai tentara VOC daripada hidup sebagai buronan. Untung pun dilatih ketentaraan, diberi pangkat letnan, dan ditugasi menjemput Pangeran Purbaya.  Untung menemui Pangeran Purbaya untuk dibawa ke Tanjungpura. Datang pula pasukan Vaandrig Kuffeler yang memperlakukan Pangeran Purbaya dengan kasar. Untung tidak terima dan menghancurkan pasukan Kuffeler di Sungai Cikalong, 28 Januari 1684.

Pangeran Purbaya tetap mengalah ke Tanjungpura, tetapi istrinya yang berjulukan Gusik Kusuma meminta Untung mengantarnya pulang ke Kartasura. Untung kini kembali menjadi buronan VOC. Antara lain ia pernah menghancurkan pasukan Jacob Couper yang mengejarnya di desa Rajapalah.
Ketika melewati Kesultanan Cirebon, Untung berkelahi dengan Raden Surapati, anak angkat sultan. Setelah diadili, terbukti yang bersalah yaitu Surapati. Surapati pun dieksekusi mati. Sejak itu nama "Surapati" oleh Sultan Cirebon diserahkan kepada Untung.

Terbunuhnya Kapten Tack
Untung alias Surapati tiba di Kartasura mengantarkan Raden Ayu Gusik Kusuma pada ayahnya, yaitu Patih Nerangkusuma. Nerangkusuma yaitu tokoh anti VOC yang gencar mendesak Amangkurat II semoga membatalkan perjanjiannya dengan bangsa Belanda tersebut. Nerangkusuma juga menikahkan Gusik Kusuma dengan Surapati.
Kapten François Tack (perwira VOC senior yang ikut berperan dalam penumpasan Trunajaya dan Sultan Ageng Tirtayasa) tiba di Kartasura bulan Februari 1686 untuk menangkap Surapati. Amangkurat II yang telah dipengaruhi Nerangkusuma, akal-akalan membantu VOC.  Pertempuran pun meletus di halaman keraton. Pasukan VOC hancur. Sebanyak 75 orang Belanda tewas. Kapten Tack sendiri tewas di tangan Untung. Tentara Belanda yang masih hidup menyelamatkan diri ke benteng mereka.

Bergelar Tumenggung Wiranegara
Amangkurat II takut pengkhianatannya terbongkar. Ia merestui Surapati dan Nerangkusuma merebut Pasuruan. Di kota itu, Surapati mengalahkan bupatinya, yaitu Anggajaya, yang kemudian melarikan diri ke Surabaya. Bupati Surabaya berjulukan Adipati Jangrana tidak melaksanakan pembalasan alasannya yaitu ia sendiri sudah kenal dengan Surapati di Kartasura.  Untung Surapati pun mengangkat diri menjadi bupati Pasuruan dan bergelar Tumenggung Wiranegara.  Pada tahun 1690 Amangkurat II akal-akalan mengirim pasukan untuk merebut Pasuruan. Tentu saja pasukan ini mengalami kegagalan alasannya yaitu pertempurannya hanya bersifat sandiwara sebagai usaha mengelabui VOC.

Kematian Untung Surapati
Sepeninggal Amangkurat II tahun 1703, terjadi perebutan takhta Kartasura antara Amangkurat III melawan Pangeran Puger. Pada tahun 1704 Pangeran Puger mengangkat diri menjadi Pakubuwana I dengan dukungan VOC. Tahun 1705 Amangkurat III diusir dari Kartasura dan berlindung ke Pasuruan.  Pada bulan September 1706 gabungan pasukan VOC, Kartasura, Madura, dan Surabaya dipimpin Mayor Goovert Knole menyerbu Pasuruan. Pertempuran di benteng Bangil alhasil menewaskan Untung Surapati alias Wiranegara tanggal 17 Oktober 1706. Namun ia berwasiat semoga kematiannya dirahasiakan. Makam Surapati pun dibentuk rata dengan tanah. Perjuangan dilanjutkan putra-putranya dengan membawa tandu berisi Surapati palsu.  Pada tanggal 18 Juni 1707 Herman de Wilde memimpin ekspedisi mengejar Amangkurat III. Ia menemukan makam Surapati yang segera dibongkarnya. Jenazah Surapati pun dibakar dan abunya dibuang ke laut.

Perjuangan putra-putra Surapati
Putra-putra Untung Surapati, antara lain Raden Pengantin, Raden Surapati, dan Raden Suradilaga memimpin pengikut ayah mereka (campuran orang Jawa dan Bali). Sebagian dari mereka ada yang tertangkap bersama Amangkurat III tahun 1708 dan ikut dibuang ke Srilangka.  Sebagian pengikut Untung Surapati bergabung dalam pemberontakan Arya Jayapuspita di Surabaya tahun 1717. Pemberontakan ini sebagai usaha balas dendam atas dieksekusi matinya Adipati Jangrana yang terbukti rahasia memihak Surapati dalam perang tahun 1706.  Setelah Jayapuspita kalah tahun 1718 dan mundur ke Mojokerto, pengikut Surapati masih setia mengikuti. Mereka semua kemudian bergabung dalam pemberontakan Pangeran Blitar menentang Amangkurat IV yang didukung VOC tahun 1719. Pemberontakan ini berhasil dipadamkan tahun 1723. Putra-putra Untung Surapati dan para pengikutnya dibuang VOC ke Srilangka.

Dalam karya sastra dan media lain
Kisah perjalanan hidup Untung Surapati yang legendaris, selain kini menjadi nama jalan yang umum di Indonesia, juga cukup banyak ditulis dalam bentuk sastra. Selain Babad Tanah Jawi, juga terdapat antara lain Babad Surapati.  Penulis Hindia Belanda Melati van Java (nama samaran dari Nicolina Maria Sloot) juga pernah menulis roman berjudul Van Slaaf Tot Vorst, yang terbit pada tahun 1887. Karya ini kemudian diterjemahkan oleh FH Wiggers dan diterbitkan tahun 1898 dengan judul Dari Boedak Sampe Djadi Radja. Penulis pribumi yang juga menulis wacana kisah ini yaitu sastrawan Abdul Muis dalam novelnya yang berjudul Surapati.  Taman Burgemeester Bisschopplein di Batavia (sekarang Jakarta) pasca kemerdekaan Indonesia diubah namanya menjadi "Taman Suropati" untuk mengabadikan nama Untung Surapati.

Referensi
1.    Abdul Muis. 1999. Surapati. cet. 11. Jakarta: Balai Pustaka
2.    Babad Tanah Jawi, Mulai dari Nabi Adam Sampai Tahun 1647. (terj.). 2007. Yogyakarta: Narasi
3.    M.C. Ricklefs. 1991. Sejarah Indonesia Modern (terj.). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
===============================================


Untung Surapati, Bekas Budak yang Mengawini Perempuan Belanda
Bocah rupawan itu dianggap membawa kemujuran bagi Tuan Moor. Karier perwira VOC ini melesat semenjak si bocah tinggal di rumahnya. Pangkatnya yang semula kapten naik menjadi mayor. Bahkan, ia juga diangkat sebagai anggota Dewan Hindia (Raad van Indie) alias dewan penasihat Gubernur Jenderal. Kekayaannya pun meningkat pesat. Dari situlah, Moor sering memanggil lelaki kecil itu dengan nama Untung.

Dikisahkan Ratnawati Anhar dalam Untung Surapati (2012), Moor mendapatkan bocah itu dari rekannya sesama perwira kompeni, Kapten van Baber. Sejak usia 7 tahun, Untung mengabdi kepada keluarga van Baber sehabis ditebus dari seorang penjual budak belian di Makassar (hlm. 18). Sekitar 3 tahun kemudian, Untung terpaksa dijual kepada Moor alasannya yaitu van Baber harus sering berpindah-pindah daerah dinas. Untung pun diboyong Moor ke kediamannya di Batavia. Tugasnya yaitu melayani putri kesayangan keluarga Belanda itu, Suzanne, serta membersihkan seisi rumah sekaligus sebagai tukang kebun.

Untung kerap terkagum-kagum setiap kali memandang kegagahan sang majikan dengan seragam militernya. Ia kini punya cita-cita: menjadi seorang tentara menyerupai Tuan Moor. Mimpi tersebut nantinya terwujud. Ia berkembang menjadi sebagai sosok prajurit pemberani. Si kecil pembawa nasib mujur itu kelak tersohor dengan nama Untung Surapati dan termasuk salah satu orang yang paling merepotkan VOC.

Menikahi Anak Majikan
Anak lelaki yang oleh Moor diberi nama Untung itu ternyata berasal dari Bali. Ia lahir pada 1660 dengan nama Surawiroaji. Ada yang menyebut Surawiroaji berasal dari kalangan rakyat biasa. Namun, ada pula yang meyakininya masih mempunyai darah bangsawan, bahkan keturunan raja-raja. Tapi yang jelas, Surawiroaji melalui masa kecilnya sebagai budak belian. Waktu itu memang masih ada perdagangan insan di Nusantara. Budak-budak diperjualbelikan untuk dipekerjakan di kebun, dijadikan pendayung kapal, dan sebagainya. Hingga akhirnya, pada 1670, Moor mendapatkan Surawiroaji, yang kemudian dipanggilnya Untung, dan dibawanya pulang ke Batavia. Saban hari, Untung selalu melayani Suzanne, putri terkasih Tuan Moor, selain mengerjakan tugas-tugas lain.

Tumbuh besar bersama, meskipun berbeda “kasta”, Suzanne dan Untung saling jatuh cinta. Keduanya lantas menikah secara rahasia. Dikutip dari Betawi Queen of the East (2004) karya Alwi Shahab, Tuan Moor yang alhasil tahu pun murka. Moor, yang ketika itu sudah menjadi tokoh terhormat di pemerintahan, menginstruksikan abdnegara kolonial untuk menangkap Untung (hlm. 111).

Untung segera dibekuk dan dipenjara di Stadhuis (kini gedung Museum Sejarah Jakarta). Selama dibui, perjaka ini sering disiksa alasannya yaitu kelakuannya yang dianggap tak patut karena berani-beraninya mencintai, apalagi menikahi, seorang putri pejabat tinggi, orang Belanda pula. Beruntung, Untung sanggup kabur dari tahanan berkat pertolongan Suzanne yang rahasia melepaskannya. Sejak ketika itu, kebenciannya terhadap tentara Belanda memuncak. Ia bertekad akan membalas segala perlakuan mereka terhadapnya, selain masih sakit hati alasannya yaitu dipisahkan secara paksa dengan istri Belanda-nya yang cantik. Untung, yang kini sudah berusia 20 tahun, meluapkan kemarahannya dengan kerap membikin onar di pinggiran Batavia. Sasarannya yaitu abdnegara VOC atau orang-orang yang akrab dengan pemerintah Hindia Belanda. Untung pun harus pintar-pintar bergerak alasannya yaitu menjadi buruan abdnegara kolonial.

Mencintai Istri Pangeran
Pada 1683, menyerupai dikisahkan Uka Tjandrasasmita dalam Sejarah Jakarta dari Zaman Prasejarah hingga Batavia (1977), VOC menyerang Kesultanan Banten dan memenjarakan Sultan Ageng Tirtayasa di Batavia hingga wafat. Putranya, Pangeran Purbaya, lolos dan lari ke Gunung Gede (dekat Bogor) untuk berlindung. Ia bersedia menyerahkan diri, tetapi hanya mau dijemput oleh perwira VOC dari kalangan pribumi (hlm. 96). Sementara itu, Untung, mantan budak Tuan Moor yang dianggap kurang asuh itu, masih dikejar-kejar abdnegara kolonial dan alhasil sanggup ditemukan. Ditawarilah Untung pekerjaan gres ketimbang harus menjalani hukuman, yaitu menjemput Pangeran Purbaya.

Tawaran itu diterima. Ia kemudian dilatih ketentaraan oleh militer VOC, bahkan diberi pangkat letnan dalam tempo yang relatif singkat. Setelah beres, Untung bersiap untuk melaksanakan misinya, menuju ke Gunung Gede. Untung alhasil menemui Pangeran Purbaya yang bersedia ikut untuk diserahkan kepada VOC. Dalam perjalanan, serdadu-serdadu Belanda pimpinan Vaandrig Kuffeler memperlakukan sang pangeran dengan kasar. Untung tidak sanggup mendapatkan perlakuan itu.

Situasi memanas alasannya yaitu Kuffeler juga menghina Untung. Buku Jakarta dari Tepian Air ke Kota Proklamasi (1988) yang ditulis Sagimun Mulus Dumadi menceritakan, Kuffeler mencibir Untung, menyebutnya tetap saja budak dan buronan VOC (hlm. 99). Kuffeler yang tidak sudi mengakui Untung sebagai perwira bahkan mengancam akan menjebloskannya ke penjara.

Cukup usang menahan diri, Untung alhasil lepas kendali. Seperti diungkap Halwany Michrob dan A. Mudjahid Chudari dalam Catatan Masa Lalu Banten (1993), di tepi Sungai Cikalong (dekat Cianjur), pada 28 Januari 1684, pasukan Kuffeler dihancurleburkan oleh Untung. Tidak kurang 20 orang Belanda tewas dalam pertikaian itu (hlm. 160).
Usai tragedi berdarah tersebut, Pangeran Purbaya tetap ingin menyerahkan diri kepada VOC ketimbang timbul persoalan yang lebih besar nantinya. Namun, istri pangeran, Raden Ayu Gusik Kusuma, justru meminta Untung mengantarkannya pulang ke Kartasura (dekat Solo). Raden Ayu Gusik Kusuma yaitu putri seorang pejabat tinggi di istana dinasti Mataram itu.

Mereka berpisah jalan. Pangeran Purbaya dan para pengawalnya menuju benteng VOC di Tanjungpura (Karawang), sementara Untung beserta beberapa pengikutnya mengawal Raden Ayu Gusik Kusuma ke Kartasura. Dalam perjalanan panjang itu, cinta mulai bersemi. Sang istri pangeran ternyata menaruh hati kepada Untung, dan berbalas.

Memperoleh Nama Surapati
Untung sempat menghadapi pasukan VOC lagi yang mengejarnya di bawah pimpinan Jacob Couper. Peristiwa itu terjadi di Desa Rajapolah, Tasikmalaya. Disebutkan R.P. Suyono dalam Peperangan Kerajaan di Nusantara (2003), pertempuran itu cukup seru. Untung kehilangan beberapa orang anak buahnya. Namun, kerugian di pihak Couper juga tak kalah sedikit, bahkan lebih parah (hlm. 74). Demi keselamatan Raden Ayu Gusik Kusuma, Untung terpaksa melarikan diri. Orang-orangnya yang sudah hafal medan menciptakan rombongan ini sanggup lepas dari kejaran meskipun Untung kini kembali menjadi buronan abdnegara kolonial.

Perjalanan dilanjutkan. Untung berniat mampir ke Cirebon sekaligus menghadap sultannya alasannya yaitu Kesultanan Cirebon berafiliasi baik dengan Mataram, daerah asal Raden Ayu Gusik Kusuma. Namun, kedatangan Untung ternyata tidak disukai oleh anak angkat sultan yang berjulukan Raden Surapati. Raden Surapati dikenal sebagai sosok pangeran yang sangat arogan dan sering bertindak absolut terhadap rakyat. Ia mencegah rombongan Untung masuk ke istana dan terjadilah pertengkaran sengit. Raden Surapati bahkan menyerang kepribadian dan masa kemudian Untung yang pernah menjadi budak. Apalagi Untung yaitu buronan VOC.

Kericuhan itu gres mereda sehabis Sultan Cirebon mengetahuinya dan turun tangan. Sultan menetapkan Raden Surapati bersalah dan dianggap telah mencemarkan nama kerajaan alasannya yaitu tindakannya terhadap Untung. Ratnawati Anhar menuliskan, bahkan sultan menjatuhkan sanksi mati untuk anak angkatnya itu (hlm. 58). Nama Surapati pun diberikan kepada Untung. Sejak ketika itulah, nama Untung Surapati mulai dikenal. Setelah mendapatkan restu dari Sultan Cirebon, rombongan Untung Surapati meneruskan perjalanannya ke timur. Namun, pergerakan Untung diketahui VOC. Kembali dipimpin oleh Jacob Couper, pada 6 Oktober 1684, terjadi pertempuran di perbatasan Jawa bab barat dengan tengah itu. Sekitar 50 orang dari pihak Untung tewas. Lantaran kekuatan dan senjata yang tidak seimbang, Untung Surapati menginstruksikan kepada pasukannya untuk mundur. Mereka lolos berkat santunan dari Kesultanan Cirebon dan berhasil memasuki wilayah kekuasaan Mataram dan bergegas menuju Kartasura.

Siasat Menjebak VOC
Singkat cerita, tibalah rombongan Untung Surapati di Istana Kartasura yang ketika itu diperintah Amangkurat II (1680-1702), cucu Sultan Agung. Ayah Raden Ayu Gusik Kusuma, Patih Nerangkusuma, yaitu sosok yang sangat anti-VOC. Ia pun merestui ijab kabul Untung dengan putrinya yang telah menetapkan berpisah dengan Pangeran Purbaya dari Banten. Patih Nerangkusuma eksklusif terpikat kepada Untung sehabis mendengar laporan dari bupati-bupati bawahan Mataram wacana sepak-terjangnya selama perjalanan menuju Kartasura. Ia pun tidak ragu-ragu mengajak Untung untuk gotong royong memerangi musuh yang sama-sama mereka benci, yakni kompeni Belanda.

VOC mendesak kepada Amangkurat II semoga menyerahkan Untung Surapati. Amangkurat II menyanggupinya. Tapi, itu ternyata hanya strategi yang dirancang Patih Nerangkusuma bersama Untung Surapati. Pasukan kompeni pun berangkat ke Kartasura. Kali ini, komandannya yaitu Kapten Francois Tack, perwira senior VOC yang pernah terlibat dalam penumpasan gerakan Trunojoyo yang dianggap memberontak kepada Mataram. Tack juga terlibat dalam penaklukan Kesultanan Banten. Sampai di Kartasura tanggal 8 Februari 1686 menjelang siang, Kapten Tack yang memimpin lebih dari 200 serdadu memasuki istana dengan percaya diri alasannya yaitu yakin Untung akan ketakutan melihatnya.

Ternyata, Kapten Tack masuk jebakan. Anak buah Untung Surapati menciptakan kebakaran andal di sekitar istana. Pasukan VOC pun panik dan terperangkap. Selain itu, pasukan Untung juga memperabukan sebagian bangunan kraton untuk mengesankan seakan-akan Amangkurat II ikut menjadi target serangan, semoga VOC tidak curiga. Pertempuran andal pun terjadi di halaman kraton. Korban berjatuhan di kedua pihak. Untung Surapati kehilangan 75 anak buahnya. Sementara dari kubu VOC sebanyak 79 orang tewas, termasuk Kapten Tack.

Peristiwa ini cukup menggetarkan kompeni. Sejarawan Hermanus Johannes de Graaf dalam Terbunuhnya Kapten Tack: Kemelut di Kartasura Abad XVII (1989) bahkan menyebut, “pembunuhan Kapten Francois Tack merupakan salah satu tragedi yang paling mencolok dalam sejarah VOC” (hlm. 1).

Gugurnya Untung Surapati
Amangkurat II kemudian memerintahkan Untung Surapati ke Pasuruan untuk menyerang salah satu wilayah Mataram di Jawa bab timur itu. Kedoknya seakan-akan Untung melawan Mataram, semoga Belanda tak curiga. Setelah merebut Pasuruan, menyerupai dituturkan Joko Darmawan dalam Sejarah Nasional “Ketika Nusantara Berbicara” (2017), Untung Surapati mendeklarasikan diri sebagai pemimpinnya dengan gelar Adipati Aria Wiranegara (hlm. 36). Pada 1702, Amangkurat II wafat dan digantikan putranya, Amangkurat III. Raja gres ini eksklusif terlibat perseteruan dengan pamannya, Pangeran Puger. Amangkurat III kabur ke Pasuruan, meminta proteksi Untung Surapati.

Sementara itu, pada 1706, VOC menggerakkan armada perang ke Pasuruan. Dalam pertempuran sengit di Bangil, Pasuruan, pada 17 Oktober 1706, peruntungan Untung berakhir. Ia terluka parah, terpaksa mundur, dan alhasil gugur. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Untung meminta kepada para pengikutnya semoga merahasiakan kematiannya. Namun, pada 18 Juni 1707, kuburan Untung ditemukan pasukan VOC yang sedang mencari keberadaan Amangkurat III di Pasuruan. Makam itu kemudian dibongkar, jasad Untung dibakar, dan abunya dibuang ke laut.

Kendati begitu, para pengikut setia Untung, yang kebanyakan terdiri dari orang-orang gabungan Jawa dan Bali, masih sering melibatkan diri dalam banyak sekali agresi perlawanan terhadap VOC. Begitu pula dengan putra-putranya, antara lain Raden Pengantin, Raden Surapati, dan Raden Suradilaga. Maka, pada 1723, mereka ditangkap kompeni dan diasingkan ke Srilanka semoga tidak merepotkan lagi. Sepak terjang Untung Surapati yang berkali-kali membikin murka Belanda ini sangat melegenda. Melalui Surat Keputusan Presiden RI tertanggal 3 November 1975, Untung Surapati ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Reporter: Iswara N Raditya
Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Ivan Aulia Ahsan

Sumber : Google Wikipedia

 

No comments