Home Top Ad

Responsive Ads Here

Peringatan Harteknas 10 Agustus 2015

Share:
Tujuan peringatan Hakteknas ( hari kebangkitan teknologi nasional ) selain untuk menghargai keberhasilan putra-putri Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai, dan menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta untuk memberi dorongan kepada mereka untuk terus menerus membangkitkan daya penemuan dan kreasi guna kesejahteraan dan peradaban Indonesia. Dengan memperlihatkan hasil karya iptek, Hakteknas juga menjadi momentum untuk memperlihatkan pertanggung-jawaban publik terhadap segala hal yang telah dilakukan oleh komunitas iptek dengan sumberdaya yang diberikan oleh rakyat Indonesia.

 selain untuk menghargai keberhasilan  putra Peringatan Harteknas 10 Agustus 2015
Peringatan Hakteknas yang merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi ini berawal dari penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Hasil karya anak bangsa ini menjadi bukti bahwa negara kita telah berhasil menumbuhkan penemuan dan jiwa menyebarkan iptek nasional. Hal ini menunjukan betapa pentingnya menanamkan perhatian, minat, dan kesadaran bangsa Indonesia terhadap pengembangan iptek dalam pembangunan nasional yang berkesinambungan

Setelah 20 tahun berlalu semenjak terbangnya N-250 tersebut, semangat dan jiwa kebangkitan teknologi akan diterapkan pada bidang-bidang yang merupakan ranah iptek dan inovasi. Untuk itu setiap tahun ditetapkan tema dan sub tema yang relevan dengan tuntutan masyarakat wacana peran iptek dan inovasi.

Peringatan Hakteknas ke-20 ini juga merupakan ajang penghargaan kepada para peneliti dan perekayasa yang sangat berprestasi dan produktif di bidang iptek. Selain itu juga memperlihatkan penghargaan bagi para pemain drama Sistem Inovasi Nasional, adalah untaian ABG, akademisi (academician, A, sebagai penghasil iptek), swasta (business, B, sebagai pengguna iptek) dan pemerintah (government, G, selaku penumbuh iklim inovasi). Para pemain drama inilah yang telah berprestasi luar biasa dalam memacu tumbuhnya inovasi.

Pelaksanaan Hakteknas ke-20 juga merupakan sarana koordinasi semua jajaran pemangku kebijakan dan kepentingan secara nasional, dalam rangka meningkatkan semangat kreativitas dan penemuan teknologi untuk kemajuan bangsa. Selain itu, dalam peringatan Hakteknas ke-20 ini, juga akan ditampilkan banyak sekali hasil penemuan komunitas iptek dalam menuntaskan permasalahan yang dihadapi masyarakat. http://www.ristek.go.id

Sumber : https://herbalarema.blogspot.com//search?q=hari-kebangkitan-teknologi-nasional

No comments